Abstract :
Penelitian ini dilatarbelakangi karena kurangnya siswa
tunagrahita untuk berkonsentrasi dalam pembelajaran tari. Penelitian ini
bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan metode drill untuk
mengembangkan konsentrasi belajar tari pada siswa tunagrahita. Metode
penelitian yang digunakan merupakan penelitian kualitatif dengan
pendekatan kepustakaan (library research). Data penelitian diperoleh
dari sumber data yang meliputi jurnal ilmiah mengenai konsentrasi
belajar, pembelajaran tari, metode drill, dan individu tunagrahita.
Sumber buku yang dipergunakan dalam penelitian ini yaitu buku fisik
dan buku elektronik baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Buku
fisik dan elektronik yang digunakan mengenai konsentrasi belajar,
pembelajaran tari, metode drill, dan individu tunagrahita.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan salah satu metode
yang dapat digunakan untuk mengembangkan konsentrasi belajar siswa
adalah metode drill dapat digunakan untuk melatih pusat perhatian dan
sejalan dengan kondisi yang dialami oleh siswa tunagrahita. Adanya
metode drill pada pembelajaran tari dapat mengembangkan konsentrasi
belajar pada siswa tunagrahita.
Kata kunci: konsentrasi belajar, metode drill, pembelajaran tari,
tunagrahita.
******************
This research aims to know the use of drill method in increasing
mentally retarded students? concentration in dancing class. The method
used in this research is qualitative library research. The sources are
obtained from scientific journals related to the topic of this research
such as the concentration of learning, dance learning, drill method, and
people with mental retardation. Book sources which are used for this
research are physical and electronic books from outside and within the
country. Those physical and electronic books discuss concentration,
concentration of learning, dance learning, drill method, and people with
mental retardation.
According to the research?s result we can conclude that the drill
method can be used to increase students? concentration in learning. The
drill method can be used to train mental retarded students? center of
attention in line with their conditions. In conclusion, with the drill
method in dance learning the mental retarded students? concentration of
learning can be increased.
Keywords: concentration of learning, drill method, dance learning,
mental retardation.