DETAIL DOCUMENT
PENGGUNAAN PEMBELAJARAN BERBASIS CERITA DALAM MENGEMBANGKAN KREATIVITAS TARI (PENELITIAN KAJIAN PUSTAKA PADA ANAK BERBAKAT TUNARUNGU)
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Jakarta
Author
PUTRI TIARA ADLI, .
Subject
Seni Tari 
Datestamp
2020-09-25 12:23:06 
Abstract :
Putri Tiara Adli. 2020. Penggunaan Pembelajaran Berbasis Cerita dalam Mengembangkan Kreativitas Tari (Penelitian Kajian Pustaka pada Anak Berbakat Tunarungu). Program Studi Pendidikan Tari, Fakultas Bahasa dan Seni. Universitsa Negeri Jakarta. Penelitian ini bertujuan untuk membuat sebuah metode pembelajaran yang menarik bagi siswa tunarungu di seluruh SDLB B dengan memanfaatkan metode bercerita dengan menggabungkannya Sistem Isyarat Bahasa Indonesi yang biasanya digunakan SDLB kategori B untuk berkomunikasi di sekolah Metode penelitian yang digunakan merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan kepustakaan (library research). Sumber data pada penelitian ini diperoleh dari data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu meliputi buku-buku serta jurnal ilmiah yang membahas mengenai kreativitas, metode berbasis cerita hingga pembelajaran tari bagi anak tunarungu maupun secara umum. Dapat disimpulkan bahwa, menggunakan metode bercerita guru dapat merangsang perkembangan kreativitas anak tunarungu dalam pembelajaran tari sehingga siswa tunarungu mampu mengungkapkan informasi, pendapat maupun perasaanya. Kata kunci :Pembelajaran Berbasis cerita, Anak Berbakat Tunarungu, SDLB-B Putri Tiara Adli. 2020. The Use of Story-Based Learning in Developing Dance Creativity (Research Study of Gifted Children with Hearing Impairment). Dance Education Study Program, Faculty of Language and Art, Jakarta State University. This research aims to make an interesting learning method for deaf students in all SDLB B using a story-based method which is combined with The Indonesian signlanguage that usually used in SDLB B category for communicating in school. The method used in this research is qualitative library research. The sources in this research are obtained from books, scientific journals which discuss creativity, story-based method, and dance learning for deaf students in general. In conclusion, through story-based method teacher can stimulate the deaf students? creativity development in dance learning so the deaf students can reveal information, opinion as well as their feelings. Keywords:Story-based learning,Gifted children with hearing impairment,SDLB-B 
Institution Info

Universitas Negeri Jakarta