Abstract :
Putri Tiara Adli. 2020. Penggunaan Pembelajaran Berbasis Cerita dalam
Mengembangkan Kreativitas Tari (Penelitian Kajian Pustaka pada Anak
Berbakat Tunarungu). Program Studi Pendidikan Tari, Fakultas Bahasa dan Seni.
Universitsa Negeri Jakarta.
Penelitian ini bertujuan untuk membuat sebuah metode pembelajaran
yang menarik bagi siswa tunarungu di seluruh SDLB B dengan memanfaatkan
metode bercerita dengan menggabungkannya Sistem Isyarat Bahasa Indonesi
yang biasanya digunakan SDLB kategori B untuk berkomunikasi di sekolah
Metode penelitian yang digunakan merupakan penelitian kualitatif dengan
pendekatan kepustakaan (library research). Sumber data pada penelitian ini
diperoleh dari data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu meliputi buku-buku
serta jurnal ilmiah yang membahas mengenai kreativitas, metode berbasis cerita
hingga pembelajaran tari bagi anak tunarungu maupun secara umum.
Dapat disimpulkan bahwa, menggunakan metode bercerita guru dapat
merangsang perkembangan kreativitas anak tunarungu dalam pembelajaran tari
sehingga siswa tunarungu mampu mengungkapkan informasi, pendapat maupun
perasaanya.
Kata kunci :Pembelajaran Berbasis cerita, Anak Berbakat Tunarungu, SDLB-B
Putri Tiara Adli. 2020. The Use of Story-Based Learning in Developing Dance
Creativity (Research Study of Gifted Children with Hearing Impairment). Dance
Education Study Program, Faculty of Language and Art, Jakarta State University.
This research aims to make an interesting learning method for deaf
students in all SDLB B using a story-based method which is combined with The
Indonesian signlanguage that usually used in SDLB B category for
communicating in school.
The method used in this research is qualitative library research. The sources
in this research are obtained from books, scientific journals which discuss
creativity, story-based method, and dance learning for deaf students in general.
In conclusion, through story-based method teacher can stimulate the deaf
students? creativity development in dance learning so the deaf students can reveal
information, opinion as well as their feelings.
Keywords:Story-based learning,Gifted children with hearing impairment,SDLB-B