Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan serta menganalisis besarnya
pengaruh langsung dan tidak langsung antar variabel perhatian orang tua dan
motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar ekonomi siswa kelas XI IPS di SMA
Negeri 58 Jakarta Timur. Penelitian ini dilakukan dengan metode survey
pendekatan kuantitatif-korelasional menggunakan data primer. Sedangkan
pengumpulan data menggunakan teknik sampel sensus dengan instrumen
berbentuk kuesioner tertutup (angket) yang disebarkan kepada siswa sebanyak
143 responden. Serta metode analisis data menggunakan analisis path. Analisis
data yang diharapkan sesuai dengan hipotesis awal penelitian. Hasil dari
penelitian menunjukkan bahwa: (a) terdapat pengaruhlangsung perhatian orangtua
terhadap prestasi belajar ekonomi sebesar 18,1%, (b) terdapat pengaruhlangsung
motivasi berprestasi terhadapprestasi belajar ekonomi sebesar 9,5%, dan (c)
terdapat pengaruhlangsungperhatian orang tua terhadapmotivasi berprestasi
sebesar 18,1%. Temuan hasil dari analisis path menunjukkan bahwa perhatian
orangtua dan motivasi berprestasi berpengaruh langsung terhadap prestasi belajar
ekonomi siswa kelas XIIPS di SMA Negeri 58 Jakarta Timur.