Institusion
Universitas Negeri Jakarta
Author
AYU HASNA RUMASUKUN, .
Subject
Sains, Ilmu Pengetahuan Alam
Datestamp
2019-10-31 14:46:51
Abstract :
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana meningkatkan
hasil belajar IPA siswa kelas V melalui metode Cooperative Learning tipe
Group Investigation di SDN Guntur 09 Pagi Jakarta selatan. Penelitian ini
dilaksanakan di SDN Guntur 09 Pagi kecamatan Setiabudi, Jakarta Selatan.
Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V SD yang berjumlah 35
orang. Pembelajaran IPA berlangsung pada semester II, tahun ajaran 2014-
2015 dengan menggunakan model Cooperative Learning tipe Group
Investigation, banyaknya siklus ada dua, yaitu siklus I dan siklus II. Hasil
penelitian menunjukkan data yang diperoleh saat proses pembelajaran
melalui model Cooperative Learning tipe Group Investigation pada siklus I
hasil belajar IPA rata-rata 63,5 dan pada siklus II hasil belajar IPA mencapai
rata-rata 80,5. Hasil instrumen pemantau tindakan pada siklus I yaitu 75,5%
sedangkan pada siklus II mencapai 97,5%. Dengan demikian melalui model
Cooperative Learning tipe Group Investigation dapat meningkatkan hasil
belajar IPA siswa. Implikasi dari penelitian ini adalah hasil belajar IPA yang
diperoleh semakin tinggi jika pembelajaran dilakukan dengan menerapkan
model Cooperative Learning tipe Group Investigation yang dapat membantu
siswa untuk aktif dalam kegiatan pembelajaran dan menjadi pelajar yang
mandiri dan dapat bersosialisasi.