Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan program sekolah sehat smpn 2 rangkasbitung pada kesesuaian komponen program menurut Mangkunegara, yaitu 1) Tujuan Program, 2) Instruktur Program, 3) Materi Program, 4) Metode Program, dan 5) Peserta Program. model evaluasi yang digunakan adalah evaluasi formatif michael scriven. Metode evaluasi yang digunakan adalah deskriptif. Penelitian ini menggunakan 20 orang responden, diantara nya 10 siswa, 6 orang guru, 2 orang komite sekolah, 2 orang petugas sekolah. Pengumpulan data penelitian ini melalui penyebaran kuesioner dan wawancara. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan statistik deskriptif. Hasil penelitian menununjukan program sudah berjalan baik secara keseluruhan. Penelitian menunjukan sangat baik 4 dari 5 komponen. Berdasarkan hasil ini, program dapat dilanjutkan dengan beberapa perbaikan.
This study aims to evaluate the implementation of the healthy school program foron the suitability of program components according to Mangkunegara, namely 1) Program Objectives, 2) Program Instructors, 3) Program Materials , 4) Program Methods, and 5) Program Participants. The evaluation model used was Michael Scriven's formative evaluation. The evaluation method used is descriptive. This study used 20 respondents, among them 10 students, 6 teachers, 2 school committees, 2 school officers. This research data collection through distributing questionnaires and interviews. The data obtained were then analyzed with descriptive statistics. The research results show that the program has been running well as a whole. Research shows very good 4 out of 5 components. Based on these results, the program could be continued with several improvements.