DETAIL DOCUMENT
PENGARUH STATUS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X JURUSAN ADMINISTRASI PERKANTORAN PADA MATA PELAJARAN KEARSIPAN DI SMK NEGERI 50 JAKARTA
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Jakarta
Author
RITIA RUDINI, .
Subject
Pendidikan Ekonomi 
Datestamp
2019-10-31 14:43:57 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh status sosial ekonomi dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas X jurusan administrasi perkantoran pada mata pelajaran kearsipan di SMK Negeri 50 Jakarta. Penelitian ini dilakukan selama 3 (tiga) bulan terhitung mulai bulan Oktober sampai Desember 2017. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan pendekatan korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X AP 1 dan X AP 2 yang berjumlah 72 siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 58 siswa dengan menggunakan teknik proportional random sampling. Data variabel Y (Hasil Belajar) merupakan data sekunder, sedangkan data variabel X1 (Status Sosial Ekonomi) dan X2 (Motivasi Belajar) merupakan data primer dengan menggunakan International Standardized Scale model skala Likert. Data kemudian di uji validitas dan reliabilitas, lalu di analisis menggunakan teknik regresi berganda dan uji asumsi klasik. Teknik analisis data menggunakan SPSS versi 22.0. Hasil penelitian menunjukkan ada pengaruh yang signifikan antara status sosial ekonomi dan motivasi belajar terhadap hasil belajar dengan persamaan regresi ? = 1,009 + 0,312X1 + 0,453X2. Dari hasil uji F dalam tabel ANOVA menghasilkan Fhitung 18,871 > Ftabel 3,16 artinya status sosial ekonomi dan motivasi belajar secara simultan berpengaruh positif terhadap hasil belajar. Uji t mengasilkan thitung X1 3,192 > ttabel 1,673, karena thitung > ttabel maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif antara status sosial ekonomi dan hasil belajar. Selanjutnya thitung X2 5,584 > ttabel 1,673, karena thitung > ttabel maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif antara motivasi belajar dan hasil belajar. Kemudian uji koefisien determinasi diperoleh 0,407 artinya pengaruh variabel independent (status sosial ekonomi dan motivasi belajar) terhadap variabel dependent (hasil belajar) sebesar 40,7% dan sisanya sebesar 59,3% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. 
Institution Info

Universitas Negeri Jakarta