DETAIL DOCUMENT
POLA PASIEUP KACAPI INDUNG PADA LAGU GUNUNG SARI DALAM TEMBANG CIANJURAN DI INSTITUT SENI BUDAYA INDONESIA
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Jakarta
Author
MUHAMAD AGUSTIAWAN, .
Subject
Musik 
Datestamp
2020-09-11 13:54:44 
Abstract :
Tujuan Penelitian ini adalah mengetahui bagaimana pola Pasieup Kacapi Indung pada Lagu Gunung Sari dalam Tembang Cianjuran di Institut Seni Budayya Indonesia.Metode Penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Waktu penelitian ini berlangsung dari bulan maret 2020 sampai juni 2020 dengan memilih tempat Institut Seni Budaya Indonesia untuk memperoleh data. Objek penelitian ini adalah Pola Pasieup Kacapi Indung pada Lagu Gunung Sari dalam Tembang Cianjuran. Hasil Penelitian ini adalah pola pasieup kacapi indung yang merupakan pola tabuhan dan teknik permainan kacapi indung. pasieup memiliki 14 pola yaitu, cacag, beulit, golosor, gulung, nunggu, merean, pangeran turun, ambahan, aweuhan, tutup, kulincer, kemprang barang, liliwatan, dan cindek. Pola-pola tersebut disesuaikan penggunaannya dengan lagu yang dibawakan, seperti salah satunya lagu Gunung Sari yang memiliki empat pola pasieup yaitu cacag : cacag 2, cacag 4, cacag 1. Merean : merean 1, merean 4, merean 5, merean 3. Nunggu : nuugu 1, nunggu 2, nunggu 4. Golosor : golosor 1 dan golosor 3dengan laras pelog/degung atau setara dengan tangga nada F# Mayor. ******** The purpose of this research was to find out how the Pasieup Kacapi Indung pattern in Gunung Sari tembang Cianjuran song at Institute Indonesian of Arts and Culture. The research method used was a qualitative descriptive method. The time of this research lasted from March 2020 to June 2020 by selecting the location of the Institute Indonesian of Arts and Culture to obtain data. The object of this research is Pasieup Kacapi Indung Pattern on Gunung Sari Song in tembang Cianjuran. The results of this research is patterns of pasieup kacapi Indung which is tabuhan pattern and the techniques of kacapi indung. Pasieup has 14 patterns, namely, cacag, beulit, golosor, gulung, nunggu, merean, pangeran turun, ambahan, aweuhan, tutup, kulincer, kemprang barang, liliwatan, and cindek. The patterns are adapted for use with songs that are sung, such as one of the Gunung Sari songs which has four pasieup patterns namely cacag : cacag 2, cacag 4, cacag 1. Merean : merean 1, merean 4, merean 5, merean 3. Nunggu : nuugu 1, nunggu 2, nunggu 4. Golosor : golosor 1 and golosor 3 with laras pelog/degung or equivalent to the F# Major scale. 
Institution Info

Universitas Negeri Jakarta