Abstract :
Penelitian ini memiliki tujuan yaitu mendeskripsikan perilaku konsumsi remaja penggemar Korean Wave di Jakarta. Selain itu, penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan awal mula remaja menyukai Korean Wave serta bentuk dan dampak dari perilaku konsumsi penggemar Korean Wave. Kemudian menganalisis perilaku konsumsi penggemar Korean Wave dilihat dari perspektif masyarakat konsumsi.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek penelitian berjumlah tujuh remaja berusia 12 sampai 24 tahun yang merupakan penggemar Korean Wave di Jakarta. Data penelitian diperoleh melalui wawancara mendalam, observasi, dokumentasi dan studi kepustakaan. Triangulasi data penelitian ini adalah ketua atau leader dari grup cover dance Trymix yang berinisial SS. Penelitian ini dilakukan pada Maret ? Juni 2020.
Hasil penelitian ini adalah Pertama, remaja menyukai Korean Wave karena terpengaruh oleh keluarga, lingkungan pertemanan dan media televisi. Kedua, terdapat empat macam bentuk perilaku konsumsi penggemar Korean Wave seperti mengoleksi merchandise K-Pop dan mengonsumsi produk skincare Korea, berpenampilan seperti Idol Korea, menonton konser dan berwisata ke Korea Selatan. Ketiga, dampak positif dari perilaku konsumsi penggemar Korean Wave yaitu menjadi lebih rajin untuk menabung dan dapat menambah pengalaman saat menonton konser dan berwisata ke Korea Selatan. Sementara dampak negatifnya adalah penggemar menjadi lebih boros dan konsumtif. Perilaku konsumsi yang dilakukan penggemar Korean Wave bukan untuk memenuhi kebutuhannya tetapi untuk mencapai nilai simbol atau nilai tanda berupa prestise, eksistensi dan pengakuan, identitas dan gaya hidup. Penggemar Korean Wave juga mengekspresikan dirinya melalui unggahan di media sosial.
This research used to describe the consumption behavior of youth Korean Wave fans in Jakarta. Besides, it aims to explain the beginnings of youth liking the Korean Wave and the shape and impact of the consumption behavior of Korean Wave fans. Then analyze the consumption behavior of Korean Wave fans from the perspective of the consumption society.
This research uses a qualitative approach with descriptive methods. The research subjects were seven young people aged 12 to 24 years who are fans of the Korean Wave in Jakarta. The research data were obtained through in-depth interviews, observation, documentation and literature study. Triangulation of the research data was the chairman or leader of the cover dance group Trymix with the initials SS. This research was conducted in March - June 2020.
The result of this research is, first, young people like the Korean Wave because they are influenced by family, friendship and television media. .Second, there are four types of consumer behavior for Korean Wave fans such as collecting K-Pop merchandise and consuming Korean skincare products, looking like Korean idols, watching concerts and traveling to South Korea. Third, the positive impact of the consumption behavior of Korean Wave fans is being more diligent in saving and being able to add to the experience of watching concerts and traveling to South Korea. While the negative impact is that fans become more extravagant and consumptive. Consumption behavior carried out by Korean Wave fans is not to fulfill their needs but to achieve symbolic or sign values in the form of prestige, existence and recognition, identity, and lifestyle. Korean Wave fans also express themselves through social media posts.