DETAIL DOCUMENT
MODEL BAHAN AJAR KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA ARAB KONTEKSTUAL (Penelitian dan Pengembangan di Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Negeri Jakarta)
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Jakarta
Author
PUTI ZULHARBY, .
Subject
Bahasa Arab 
Datestamp
2020-09-05 16:12:48 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah produk berupa model bahan ajar untuk keterampilan berbicara bahasa Arab kontekstual. Metode yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan, menggabungkan model Dick and Carey, Jolly and Bolitho dan Dat Bao. Adapun langkah penelitian yang dilakukan adalah 1) analisis kebutuhan terhadap 97 mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Negeri Jakarta, analisis situasi terhadap dosen pengampu dan Koordinator Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, dan analisis dokumen silabus, rencana pembelajaran semester dan bahan ajar; 2) pengembangan bahan ajar; dan 3) Uji Efektivitas yaitu uji persepsi dosen dan mahasiswa, uji pakar, uji coba produk, dan uji keterbacaan. Hasil dari penelitian ini adalah bahan ajar yang saat ini digunakan belum dapat meningkatkan kemampuan berbicara bahasa Arab bagi mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, sementara model bahan ajar yang dikembangkan dengan prinsip kontekstual terbukti efektif dalam meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Arab. Data pretest diperoleh nilai tertinggi 80 dan nilai terendah 52, sementara data posttest diperoleh nilai tertinggi 96 dan nilai terendah 66. Peningkatan yang signifikan berdasarkan pengujian Paired T-Test diperoleh nilai signifikansi adalah 0.000 (p < 0.05). Sehingga hasil pretest dan posttes mengalami perubahan yang signifikan, yang artinya model bahan ajar untuk keterampilan berbicara bahasa Arab kontekstual efektif dalam meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Arab untuk mahasiswa semester pertama. 
Institution Info

Universitas Negeri Jakarta