Abstract :
Keluarga sebagai lingkungan yang terdekat dengan anak memiliki peran penting dalam proses pembentukan karakter anak. Salah satu media dalam mendidik karakter pada anak-anak sejak dini yaitu dengan penyampaian sebuah cerita anak maupun dongeng anak. Pada era kemajuan teknologi saat ini dalam menyajikan suatu cerita yang mengandung pendidikan karakter untuk anak-anak tidak hanya melalui buku cerita saja. Namun, ada pula penyajian yang lebih menarik yaitu dalam bentuk film, salah satunya adalah anime Tonari no Totoro. Penulis menemukan pendidikan karakter yang dapat dijadikan tontonan untuk anak-anak di Indonesia dalam menanamkan karakter yang baik yang dicerminkan oleh karakter utama Satsuki dan Mei. Peneliti menggunakan metode penelitian pendekatan kualitatif deskriptif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan karakter yang tercerminkan pada karakter utama Satsuki dan Mei dalam anime Totoro. Hasil penelitian ini ditemukan 12 nilai dari 18 nilai pendidikan karakter dari kutipan kurikulum pendidikan nasional oleh Syarbini dalam Miranti yaitu : rasa ingin tahu, peduli sosial, kerja keras, bersahabat/komunikatif, cinta damai, demokratis, disiplin, mandiri, jujur, religius, menghargai prestasi, dan tanggung jawab. Nilai pendidikan karakter yang paling banyak ditemukan adalah nilai peduli sosial. Penokohan tokoh utama Satsuki merupakan sosok seorang anak-anak yang sangat menyayangi keluarganya. Untuk pengajar diharapkan dapat digunakan sebagai media pembelajaran untuk memberikan contoh nilai-nilai pendidikan karakter bagi peserta didik. // Family as the closest environment to children has an important role in the process of forming children's character. One of the media in educating characters in children from an early age is by telling a children's story or children's fairy tales. In the era of current technological advances in presenting a story that contains character education for children, not only through story books. However, there is also a presentation that is more interesting, namely in the form of a film, one of which is the anime Tonari no Totoro. The author finds character education that can be used as a spectacle for children in Indonesia in instilling a good character that is reflected by the main characters Satsuki and Mei. Researchers used a descriptive qualitative research method. The purpose of this study was to determine the values ??of character education that are reflected in the main characters of Satsuki and Mei in the anime Totoro. The results of this study found 12 values ??out of 18 values ??of character education from the quotation of the national education curriculum by Syarbini in Miranti, namely: curiosity, social care, hard work, friendly / communicative, peace-loving, democratic, disciplined, independent, honest, religious, respectful achievements, and responsibilities. The value of character education that is mostly found is the value of social care. The character of the main character Satsuki is the figure of a child who really loves his family. Teachers are expected to be used as a learning medium to provide examples of the values ??of character education for students.