DETAIL DOCUMENT
The Relevance of Reading Materials to the Needs of Accounting Students in SMK Bekasi
Total View This Week0
Institusion
Universitas Negeri Jakarta
Author
LENDA OCTAFINA RORI, .
Subject
Bahasa Inggris 
Datestamp
2019-11-05 15:49:11 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterkaitan antara materi membaca dengan kebutuhan siswa jurusan Akuntansi kelas sebelas di SMK Bekasi. Penelitian ini mulai dilakukan pada November 2013 hingga April 2014. Penelitian ini menggunakan metode survey di jurusan Akuntansi. Penelitian ini melibatkan siswa Akuntansi dan guru Bahasa Inggris dari tujuh SMK di Bekasi. Penelitian ini menggunakan kuesioner dan wawancara dalam menganalisis kebutuhan siswa dan materi pembelajaran yang diberikan. Kuesioner didistribusikan kepada 226 siswa dan tujuh guru Bahasa Inggris, sedangkan wawancara melibatkan tujuh siswa dan guru dari masing-masing sekolah. Di samping itu, evaluasi bahan ajar juga digunakan untuk menganalisa keterkaitan materi pembelajaran dengan kebutuhan siswa. Dari hasil penelitian, penulis menemukan bahwa sebagian besar siswa Akuntansi membutuhan materi membaca yang akan mereka temui di dunia kerja. Hasil penelitian juga menunjukan 82% siswa Akuntansi membutuhkan surat bisnis sebagai kebutuhan mereka dalam menghadapi dunia kerja. Hasil evaluasi bahan ajar buku teks yang berjudul Module A New Approach to learn English XI Elementary Level menunjukan buku teks yang digunakan di SMK tidak dapat memenuhi kebutuhan membaca siswa dan materi yang diberikan belum berfokus pada materi khusus membaca siswa Akuntasi. Buku ini masih membutuhkan penyesuaian di topik pembelajaran dan istilah-istilah khusus yang terkait dengan Akuntasi. 
Institution Info

Universitas Negeri Jakarta