Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Pendekatan CLIL dengan Menggunakan Media Blog Terhadap Keterampilan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII SMP Negeri 216 Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pre experimental design atau quasi experiment karena hanya menggunakan kelas eksperimen dalam penelitian. Populasi penelitian yaitu siswa kelas VII SMP Negeri 216 Jakarta sejumlah 30 siswa. Data dikumpulkan dengan pengambilan data pretest dan posttest yaitu sebelum dan sesudah diberikan perlakuan. Analisis data menggunakan analisis kuantitatif dengan menggunakan uji persyaratan analisis pada kelas eksperimen.
Hasil penelitian didapatkan bahwa penggunaan pendekatan CLIL dengan menggunakan media blog dalam menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 216 mengalami keberhasilan. Keberhasilan siswa dalam menulis teks deskripsi dapat dilihat pada kriteria penilaian yang didapatkannya. Pada kriteria penilaian kesesuain judul dengan isi didapatkan sejumlah 70 %. Kemudian pada kriteria penilaian struktur teks deskripsi didapatkan sejumlah 83,33%. Selanjutnya pada kriteria penilaian aspek kebahasaan didapatkan sejumlah 43,33%. Sementara itu, pada kriteria penilaian aspek menulis didapatkan sejumlah 53,33%. Hipotesis yang didapatkan yaitu H? terdapat pengaruh pendekatan CLIL dengan media blog terhadap keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMP Negeri 216 Jakarta. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa pendekatan CLIL dengan menggunakan media blog terhadap keterampilan menulis teks deskripsi memiliki pengaruh yang baik dan dapat digunakan dalam proses belajar mengajar. Penggunaan pendekatan CLIL dengan media blog dapat dilakukan pada teks lainnya, teks yang dapat menggunakan pendekatan CLIL dengan media blog salah satunya teks prosedur karena teks prosedur berfokus pada isi dan bahasa yang digunakannya dan dilakukan secara nyata tidak berimajinasi.
This study aims to determine the effect of the CLIL Approach by Using Blog Media on the Skill of Writing Text Descriptions for Class VII Students of SMP Negeri 216 Jakarta. This study uses a pre experimental design or quasi experiment research method because it only uses experimental classes in research. The population of the study was students of class VII at 216 Jakarta Middle Schools totaling 30 students. Data is collected by taking pretest and posttest data, that is before and after treatment is given. Data analysis using quantitative analysis using test requirements analysis in the experimental class.
The results showed that the use of the CLIL approach by using blog media in writing description texts for VII grade students of SMP Negeri 216 experienced success. The success of students in writing description text can be seen in the assessment criteria they get. In the criteria for evaluating the suitability of the title with the content obtained as much as 70%. Then in the assessment criteria description text structure obtained 83.33%. Furthermore, the criteria for evaluating linguistic aspects were 43.33%. Meanwhile, the evaluation criteria of writing aspects were 53.33%. Thus, it can be concluded that the CLIL approach by using blog media to writing description text skills has a good influence and can be used in teaching and learning.