Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar menulis teks prosedur dengan menggunakan media aplikasi android G-Teks Pro (Genre Teks Prosedur) pada siswa kelas VII SMP Negeri 216 Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development, yakni gabungan metode penelitian kualitatif dan kuantitatif. Model yang digunakan adalah ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Populasi penelitian adalah siswa kelas VII SMPN 216 Jakarta sejumlah 34 orang. Data dikumpulkan dengan observasi, wawancara, dan angket. Analisis data dilakukan dengan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian didapatkan bahwa telah berhasil dikembangkan aplikasi android G-Teks Pro yang dapat diakses secara fleksibel. Kemudian, kualitas aplikasi android G-Teks Pro yang telah dikembangkan adalah berkategori sangat layak/sangat baik berdasarkan rata-rata penilaian validator, yaitu 85,59% dengan masing-masing penilaian ahli media 83,77%, ahli materi 85,00%, dan guru bahasa Indonesia 88,00%. Selain itu, penilaian respons siswa pada uji coba adalah sangat baik sebesar 87,24%. Aplikasi G-Teks Pro memiliki implikasi dalam pembelajaran yang dapat digunakan sebagai bahan ajar yang dikemas dalam bentuk media pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa yang sesuai dengan struktur dan kebahasaan teks prosedur. Pembuatan aplikasi G-Teks Pro ini sangat mudah untuk dilakukan seorang guru karena tidak memerlukan kemampuan coding dan dapat dengan mudah diterapkan dalam pembelajaran. Keterbatasan aplikasi G-Teks Pro ini adalah siswa tidak dapat mengunduh di playstore, tampilan yang kurang bervariasi karena hanya memuat konten dalam bentuk gambar, audio, teks, dan video, serta tampilan layout yang terbatas. Guru dapat mengatasi keterbatasan tersebut dengan membuat aplikasi dengan akun yang premium sehingga tampilan dapat lebih bervariasi. Dengan demikian, android G-Teks Pro layak digunakan dan dapat dijadikan bahan ajar yang kreatif dan inovatif.
This research aims at developing writing procedure text teaching material using Android-based application G-Teks Pro (Genre Teks Prosedur) to grade VII students in 216 Junior High School Jakarta. This research uses the Research and Development method, which is a combination of quantitative and qualitative methods, specifically using the ADDIE model (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). The population of this research is 34 students of grade VII in 216 Junior High School Jakarta. The data gathered through observation, interview, and questionnaire which then analyzed with qualitative and quantitative analysis. The results showed that the Android-based application G-Teks Pro has successfully developed which can be accessed flexibly. Furthermore, the quality of the developed application categorized as very good based on the average assessment of validator which stood at 85, 59% with the assessment of media expert 83,77%, material expert 85,00%, and Bahasa teacher 88,00%. Besides, the assessment of students? responses in the trial run also categorized as excellent with a percentage of 87,24%. Thus, this application has implications in teaching and learning activities in which it can be used as a learning media to enhance students writing skills with proper structure and language features of procedure text. Teachers can easily create the G-Teks Pro application since it does not require any coding skills and can easily apply this app in teaching and learning activities. The limitations of this app are students cannot install the application in PlayStore, fewer varieties of displays which only consist of pictures, audios, and texts, and limited layouts. Teachers can solve these limitations by registering for premium accounts so that the displays can be more varied. In other words, this Android-based G-Teks Pro application is worth using and can be used as a creative and innovative teaching material.