Abstract :
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan konsep diri pada siswa melalui pendekatan bermain dalam pelajaran pendidikan jasmani di kelas IV. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Sukapura 01 Pagi Jakarta Utara sebanyak 39 orang yang terdiri dari 21 siswa perempuan dan 18 siswa laki-laki. Metode yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas, dengan model spiral. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket, observasi, dan dokumentasi aktivitas. Persentase konsep diri siswa pada siklus I sebesar 74,21% dan pada siklus II sebesar 83,28%, mencapai peningkatan sejumlah 9,07% dari siklus I ke siklus II. Hasil penelitian menunjukan bahwa pendekatan bermain dalam pelajaran pendidikan jasmani di kelas IV dapat meningkatkan konsep diri pada siswa. Hasil ini menunjukan bahwa pendekatan bermain dalam pelajaran pendidikan jasmani dapat dijadikan sebagai salah satu upaya dalam meningkatkan konsep diri siswa di kelas IV. Oleh sebab itu, guru perlu mengetahui kemampuan setiap siswa sehingga dapat meningkatkan konsep diri siswa kelas IV.