Institusion
Universitas Negeri Jakarta
Author
SANTI ROMARANTIKA SARI, .
Subject
Psikologi, Ilmu Jiwa
Datestamp
2020-09-04 19:30:43
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pola asuh orangtua terhadap prokrastinasi akademik pada mahasiswa Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Jakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa kuesioner. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Parental Style Scale (PSS) oleh Abdul Gafoor dan Abidha Kurukkan untuk mengukur pola asuh orangtua dan Tuckman Procrastination Scale (TPS). Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan non-probability sampling. Jumlah sampel pada penelitian ini adalah 277 responden. Metode analisis data yang digunakan adalah uji hipotesis menggunakan teknik analisis regresi ganda atau multiple regression. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat pengaruh antara pola asuh orangtua (ibu otoriter, ibu otoritatif, ibu permisif, ibu pengabaian, ayah otoriter, ayah otoritatif, ayah permisif, ayah pengabaian) dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Jakarta.
This study aims to determine the effect of parenting parents on academic procrastination in students of the Faculty of Psychology, Jakarta State University. This research is a quantitative study using data collection techniques such as questionnaires. The instrument used in this study was the Parental Style Scale (PSS) by Abdul Gafoor and Abidha Kurukkan to measure parenting and Tuckman Procrastination Scale (TPS). The sampling technique in this study uses non-probability sampling. The number of samples in this study was 277 respondents. The data analysis method used is hypothesis testing using multiple regression analysis techniques or multiple regression. The results showed that there was no influence between parenting parents (authoritarian mother, authoritative mother, permissive mother, neglectful mother, authoritarian father, authoritative father, permissive father, neglectful father) with academic procrastination in students of the Faculty of Psychology Education, State University of Jakarta.