Abstract :
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh antara citra merek, harga dan layanan purna jual terhadap keputusan pembelian smartphone Vivo pada mahasiswa di Jakarta. Penelitian ini dilakukan di Jakarta, selama 6 bulan terhitung sejak Januari sampai dengan Juni 2020. Metode penelitian yang peneliti gunakan adalah metode survei dengan pendekatan korelasional, populasi yang digunakan adalah mahasiswa yang berkuliah di Jakarta yang pernah membeli atau menggunakan smartphone Vivo dalam 6 bulan terakhir. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah dengan teknik purposive sampling sebanyak 150 orang. Persamaan regresi yang dihasilkan adalah Y = 3,670 + 0,336 X1 + 0,429 X2 + 0,359 X3 Uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas dengan uji Kolmogorov-Smirnov dengan tingkat signifikansi (?) = 5% atau 0,05 dan menghasilkan tingkat signifikan residual sebesar 0,200 Karena tingkat signifikansi keempat variabel tersebut > 0,05 maka dapat disimpulkan bahwa data tersebut berdistribusi normal dan dapat digunakan dalam analisis selanjutnya. Uji linieritas regresi Y atas X1, Y atas X2 dan Y atas X3 menghasilkan nilai signifikansi pada Linearity, yaitu 0,000 < 0,05, sehingga disimpulkan bahwa memiliki pengaruh yang linier. Selanjutnya, dilakukan uji t dan dihasilkan Y atas X1 thitung = 3,746 dan ttabel = 1,65536, Y atas X2 thitung= 5,147 dan ttabel = 1,65536 dan Y atas X3 thitung = 4,312 dan ttabel = 1,65536. Nilai koefisien korelasi antara variabel citra merek (X1) terhadap keputusan pembelian (Y) sebesar 0,336, harga (X2) terhadap keputusan pembelian (Y) sebesar 0,429 dan nilai koefisien korelasi antara variabel layanan purna jual (X3) terhadap keputusan pembelian (Y) sebesar 0,359. Jadi, terdapat pengaruh positif dan signifikan antara citra merek dengan keputusan pembelian, serta pengaruh positif dan signifikan antara harga dengan keputusan pembelian dan terdapat pengaruh positif dan signifikan antara layanan purna jual dengan keputusan pembelian. Dengan demikian, dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara citra merek, harga dan layanan purna jual dengan keputusan pembelian. Koefisien determinasi Y atas X1, X2 dan X3 yang diperoleh sebesar 0,444 yang menunjukkan bahwa 44,4% variabel keputusan pembelian ditentukan citra merek, harga dan layanan purna jual Sementara itu, sisanya 55,6% dipengaruhi oleh faktor lain.
Kata Kunci: Keputusan Pembelian, Citra Merek, Harga, Layanan Purna Jual
The purpose of this study is to determine the correlation between brand image, price and after sales toward purchase decisions smartphone Vivo on student in Jakarta. This research was conducted at the, Jakarta for 6 months starting from January to June 2020. The research method used is survey method with the correlation approach, population used are colege student in Jakarta, have used or buying smartphone Vivo in last 6 (six) months. The sampling technique used technique of purposive sampling as many as 150 people. The resulting regression equation is Y = 3,670 + 0.336 X1 +0.429 X2 + 0.359 X3. Test requirements analysis that estimates the error normality test regression of Y on X1 with Kolmogorov-Smirnov test with significance level (?) = 5% or 0,05 estimates significance to 0,200. Because the significance level is > 0.05, it can be concluded that the data is normally distributed and can be used in further analysis. Testing linearity of regression Y on X1, Y on X2 and Y on X3 yields a significance value on Linearity that is 0,000 < 0.05, so it is concluded that it has a linear relationship. Then performed the test significance correlation coefficient using t test and the resulting Y on X1 thitung = 3.746 and ttable = 1.65536, Y on X2 thitung = 5,147 and ttable = 1.65536 and Y on X3 thitung = 4,312 and ttable = 1.65536. The value of correlation coefficient between variable of brand image variable (X1) to the purchase decision (Y) equal to 0.336, price (X2) to the purchase decision (Y) equal to 0.429 and the value of the balance coefficient between after sales variable (X3) to the purchase decision (Y) equal to 0.359. So, there is a positive and significant relationship between brand image and purchasing decisions, as well as a positive and significant relationship between price and purchasing decisions and there is a positive and significant relationship between after sales and purchasing decisions. Thus, it can conclude a positive and significant relationship between brand image, price and after sales with purchasing decisions. The coefficient of determination Y on X1, X2 and X3 obtained by 0.444 indicating that 44.4% variable purchase decision is determined by the brand image, price and after sales. Meanwhile, the remaining 55.6% is influenced by other factors.
Keyword: Purchase Decision, Brand Image, Price, After Sales