DETAIL DOCUMENT
Perbandingan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa yang Mengikuti Pembelajaran dengan Pemberian Tugas Mind Map dan Pemberian Tugas Meringkas (Outline) di Kelas VIII SMP
Total View This Week0
Institusion
Universitas Jambi
Author
NURHASANAH, SHOFI
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2019-12-23 03:22:02 
Abstract :
Nurhasanah, Shofi. 2019. Perbandingan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa yang Mengikuti Pembelajaran dengan Pemberian Tugas Mind Map dan Pemberian Tugas Meringkas (Outline) Di Kelas VIII SMP: Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Drs. Gugun M.Simatupang, M.Si., (II) Dr. Muslim, S.Pd., M.Si. Kata Kunci: Koneksi Matematis, Pemberian Tugas, Mind Map, Meringkas (Outline). Latar belakang dilakukan penelitian ini adalah karena kemampuan koneksi matematis siswa di SMP Negeri 14 Muaro Jambi masih rendah yang ditunjukkan pada saat proses pembelajaran berlangsung siswa yang tidak yakin dalam mengemukakan alasan ketika diminta untuk mengaitkan suatu persoalan matematika yang sedang dipelajarinya dengan materi pokok bahasan sebelumnya atau dengan suatu hal dalam kehidupan sehari-hari. Kemudian siswa juga kesulitan dalam menyebutkan contoh yang ada dalam kehidupan sehari-hari. Dan juga siswa kurang mampu memecahkan permasalahan matematika yang disajikan dalam bentuk soal uraian dan atau soal cerita. Serta siswa belum mampu merepresentasikan penyelesaian matematika ke dalam dunia nyata. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan kemampuan koneksi matematis siswa antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pemberian tugas mind map dan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan pemberian tugas meringkas (outline) di kelas VIII SMP. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif. Penelitian ini dilakukan pada kelas VIII B dan VIII C SMP Negeri 14 Muaro Jambi. Penentuan sampel penelitian menggunakan teknik cluster random sampling yang memilih 2 kelas sampel sebagai kelas sampel penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan tes kemampuan koneksi matematis berupa soal post-test kemampuan koneksi matematis siswa dan lembar observasi aktivitas guru dan siswa untuk melihat keterlaksanaan proses pembelajaran menggunakan pemberian tugas mind map dan pemberian tugas meringkas (outline). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan koneksi matematis siswa yang mengikuti pembelajaran pemberian tugas mind map lebih baik daripada kemampuan koneksi matematis siswa yang mengikuti pembelajaran pemberian tugas meringkas (outline). Rata-rata skor post-test kemampuan koneksi matematis siswa yang mengikuti pembelajaran pemberian tugas mind map lebih tinggi daripada rata-rata skor post-test kemampuan koneksi matematis siswa yang mengikuti pembelajaran pemberian tugas meringkas (outline), yaitu 71,65 > 50,3. 
Institution Info

Universitas Jambi