DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNING TERHADAP HIGH ORDER THINKING SKILL (HOTS) SISWA PADA PELAJARAN BIOLOGI KELAS X SMA
Total View This Week0
Institusion
Universitas Jambi
Author
Hutagalung, Farida
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2019-12-26 01:14:20 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran blended learning terhadap High Order Thinking Skill (HOTS) siswa pada pelajaran biologi kelas X SMA. Model blended learning yang dilakukan menggunakan edmodo pada pembelajaran online di kelas eksperimen. Kelas kontrol menggunakan model pembelajaran konvensional dimana hal ini juga sama dilakukan pada pembelajran tatap muka di kelas ekspeimen.Penelitian ini dilakukan pada materi ekologi semester genap di SMA Negeri 6 Kota Jambi, Tahun Ajaran 2018/2019. Menggunakan silabus yang sama pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Penelitian ini dilakukan dengan adanya observasi awal dan kemudian pelaksanaan observasi penelitian. Desain penelitian eksperimen yang digunakan adalah desain eksperimental semu (Quasi Eksperimental Design). Pengambilan data hanya pada aspek kognitif dan presepsi siswa berupa angket yang akan diisi oleh siswa. Menggunakan instrument tes berupa pilihan ganda beralasan, uraian. Data tersebut dianalisis dengan menggunakan uji homogenitas, uji normalitas, uji hipotesis dan uji t. Populasi yang ada, 6 kelas X MIA SMAN 6 Kota Jambi. Sampel yang digunakan terdiri dari satu kelas eksperimen dan satu kelas kontrol dengan pengambilan sampel melalui purposive sampling. Berdasarkan hasil post test pengujian yang dilakukan dengan uji t dua sampel yaitu 3,24 dan t tabel 2,00. Sehingga ditunjukkan bahwa t hitung > t tabel. Maka, H1 diterima bahwa penerapan model pembelajaran blended learning berpengaruh terhadap HOTS siswa kelas X SMA Kota Jambi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran blended learning berpengaruh terhadap HOTS siswa kelas X SMA Kota Jambi. Saran, agar guru dapat menerapkan model blended learning, menggunakan soal-soal tes dalam kriteria C4-C6 dan memanfaatkan fasilitas yang mendukung pembelajaran. Siswa juga harus terampil dalam menggunakan teknologi dalam pembelajaran. 

Institution Info

Universitas Jambi