DETAIL DOCUMENT
ANALISIS KETERLAKSANAAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DAN PENGARUHNYA TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI KESETIMBANGAN KIMIA KELAS XI MIPA SMAN 1 MUARO JAMBI
Total View This Week0
Institusion
Universitas Jambi
Author
Gianti, Misda
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2019-12-27 01:41:54 
Abstract :
ABSTRAK Gianti, Misda. 2019. Analisis Keterlaksanaan Model Contextual Teaching and Learning (CTL) Dan Pengaruhnya Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Pada Materi Kesetimbangan Kimia Kelas XI MIPA SMAN 1 Muaro Jambi. Skripsi, Jambi : Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi. Pembimbing I: Drs. Fuldiaratman, M.Pd, Pembimbing II: Dra. Fatria Dewi, M.Pd. Kata kunci: Model Contextual Teaching and Learning (CTL), Keterampilan Proses Sains, Kesetimbangan Kimia. Dalam kegiatan belajar mengajar dibutuhkan model pembelajaran yang mampu merangsang keaktifan dan keterampilan proses sains siswa. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan adalah model CTL. Model pembelajaran CTL dapat diterapkan pada materi kesetimbangan kimia untuk memberikan siswa pengalaman belajar langsung melalui percobaan yang terkait dengan kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana keterlaksanaan model pembelajaran CTL dan pengaruhnya terhadap keterampilan proses sains siswa pada materi kesetimbangan kimia kelas XI MIPA SMAN 1 Muaro Jambi. Jenis penelitian ini Deskriptif Korelasional. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan campuran (mix method). Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Instrumen penelitian berupa lembar observasi keterlaksanaan model pembelajaran CTL aktivitas guru dan siswa serta lembar observasi keterampilan proses sains siswa. Keterlaksanaan model pembelajaran CTL oleh guru memiliki persentase sebesar 76.38% dikategorikan baik, keterlaksanaan model CTL oleh siswa memiliki persentase sebesar 65,18% dikategorikan baik dan persentase keterampilan proses sains siswa sebesar 73,25% dikategorikan baik. Hubungan keterlaksanaan model pembelajaran CTL dengan keterampilan proses sains siswa dikategorikan sangat kuat dengan rata-rata rxy= 0,984 dan terdapat pengaruh keterlaksanaan model pembelajaran CTL terhadap keterampilan proses sains siswa dengan Kd sebesar 96,98%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh keterlaksanaan model pembelajaran CTL terhadap dengan keterampilan proses sains siswa pada materi kesetimbangan kimia di kelas XI SMAN 1 Muaro Jambi. 
Institution Info

Universitas Jambi