DETAIL DOCUMENT
PENGEMBANGAN MODUL DENGAN TAMPILAN MAJALAH BERBASIS CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) PADA MATERI KOORDINAT KARTESIUS DI KELAS VIII SMP
Total View This Week0
Institusion
Universitas Jambi
Author
Aulia, Dika
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2020-01-10 01:21:47 
Abstract :
ABSTRAK Aulia, Dika. 2019. Pengembangan Modul Dengan Tampilan Majalah Berbasis CTL (Contextual Teaching And Learning) Pada Materi Koordinat Kartesius Di Kelas VIII SMP. Skripsi, Pendidikan Matematika, Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi. Pembimbing: (I) Drs. Sufri, M.Si., (II) Yelli Ramalisa, S.Pd., M.Sc. Kata Kunci: modul, CTL, tampilan majalah, koordinat kartesius Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk (1) mengembangkan modul dengan tampilan majalah berbasis CTL pada materi koordinat kartesius di kelas VIII SMP dengan ADDIE, (2) mendeskripsikan kelayakan modul dengan tampilan majalah berbasis CTL pada materi koordinat kartesius di kelas VIII SMP. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang dilakukan di SMPN 11 Kota Jambi. Adapun subjek penelitian yakni siswa kelas VIII. Hasil penelitian ini yakni: (1) proses penelitian pengembangan ini dilaksanakan dengan beberapa tahapan yang diadaptasi dari model penelitian pengembangan versi ADDIE. Pada tahap analisis dilakukan kegiatan analisis kurikulum, analisis karakteristik peserta didik, dan analisis kebutuhan. Pada tahap desain dilakukan pembuatan rancangan modul. Pada tahap pengembangan dilakukan pembuatan modul dengan tampilan majalah berbasis CTL, validasi oleh tim ahli, uji coba perorangan dan uji coba kelompok kecil. Pada tahap implemetasi dilakukan uji kelompok besar. Pada tahap evaluasi, evaluasi formatif dilakukan pada setiap masing-masing tahapan ADDIE dan evaluasi sumatif untuk mengetahui pengaruh modul yang dihasilkan terhadap hasil belajar siswa (2) hasil analisis validasi materi, dan desain dengan persentase berturut-turut 80% dengan kriteria cukup valid, dan 83% dengan kriteria cukup valid . Hasil uji coba perorangan dan uji coba kelompok kecil mendapat persentase berturut-turut 84% dengan kriteria cukup praktis, 86% dengan kriteria sangat praktis. Berdasarkan nilai tes hasil didapatkan keefektifan penggunaan modul ditunjukan oleh nilai rata-rata persentase yakni 83% dengan kriteria sangat efektif. Dengan demikian, modul dengan tampilan majalah berbasis CTL pada materi koordinat kartesius efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik, dimana sudah memenuhi kriteria kelayakan yakni kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. 
Institution Info

Universitas Jambi