DETAIL DOCUMENT
ANALISIS BERPIKIR KREATIF DALAM MEMECAHKAN MASALAH OPEN ENDED SISWA BERKEMAMPUAN MATEMATIKA TINGGI KELAS VIII MATERI POLA BILANGAN
Total View This Week0
Institusion
Universitas Jambi
Author
SARI, LINDA NIAM
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2020-01-16 02:51:50 
Abstract :
ABSTRAK Sari, Linda Niam. 2019.Analisis Berpikir Kreatif dalam Memecahkan Masalah Open Ended Siswa Berkemampuan Matematika Tinggi Kelas VIII Materi Pola Bilangan.Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing:(I)Dra. Sofnidar, M.Si., (II) Drs. Sufri, M.Si. Kata Kunci: Berpikir Kreatif, Masalah Open Ended, Kemampuan Matematika tinggi. Berpikir kreatif merupakan kemampuan siswa dalam memahami masalah dan menemukan penyelesaian dengan strategi atau cara yang berbeda. Dengan berpikir kreatif diharapkan siswa dapat memunculkan ide-ide baru dalam menyelesaikan masalah dengan cara yang efektif dan efisien. Untuk memunculkan berpikir kreatif tersebut dibutuhkan masalah yang dibentuk sedemikian rupa agar memiliki kemungkinan variasi jawaban benar baik dari aspek cara maupun hasil yang didapatkan yaitu masalah open ended. Di SMP Negeri 6 Kabupaten Tebo terdapat siswa yang mendapat nilai mencapai KKM yang seharusnya memiliki berpikir kreatif yang baik namun masih belum dapat memunculkan strategi atau cara yang berbeda dalam menyelesaikan masalah, siswa tersebut cenderung menggunakan cara atau strategi yang disampaikan oleh guru. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis proses berpikir kreatif siswa kelas VIIIC yang berkemampuan matematika tinggi dalam memecahkan masalah open ended pada materi pola bilangan. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIIIC yang memiliki kemampuan matematika tinggi yang sudah mendapat pelajaran materi pola bilangan. Siswa yang terpilih ada 4 yaitu siswa yang mencapai nilai KKM pada ulangan harian materi pola bilangan. Data penelitian diperoleh dari lembar tugas siswa dan lembar wawancara. Hasil penelitian tentang proses berpikir kreatif siswa dalam memecahkan masalah open ended menunjukkan bahwa belum semua subjek penelitian memenuhi komponen berpikir kreatif. Siswa pertama, kedua dan ketiga sudah memenuhi semua komponen berpikir kreatif yaitu ketiga siswa tersebut sudah memunculkan banyak cara dan ide yang baru dalam menyelesaikan masalah. Untuk siswa keempat belum dapat memenuhi komponen kebaruan (novelty) yang mana siswa ini belum dapat memunculkan ide yang baru dalam menyelesaikan masalah. Hal ini dikarenakan siswa keempat masih cenderung menggunakan cara yang ada dibuku dan carayang disampaikan oleh guru di dalam kelas. 
Institution Info

Universitas Jambi