DETAIL DOCUMENT
Perbandingan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) dan Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) Di SMPN 12 Kota Jambi
Total View This Week0
Institusion
Universitas Jambi
Author
Kartika, Dewi
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2020-02-12 02:46:39 
Abstract :
Salah satu perubahan paradigma pembelajaran adalah orientasi yang semula berpusat pada guru (teacher centered) beralih berpusat pada murid (student centered), hasil studi menyebutkan bahwa pembelajaran dan pemahaman siswa khususnya siswa SMP (pada beberapa materi pelajaran termasuk matematika) menunjukkan hasil yang kurang memuaskan. Pelajaran di SMP cenderung berpusat pada guru dan kurang terkait dengan kehidupan sehari-hari siswa. Salah satu cara yang dapat ditempuh untuk mengaktifkan siswa adalah memilih pendekatan belajar yang mampu mengaktifkan siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hasil belajar siswa menggunakan pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) dan Realistic Mathematic Education (RME) pada siswa kelas VII di SMPN 12 Kota Jambi. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Penelitian kuantitatif ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan penelitian eksperimen. Desain penelitian kuantitatif yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode desain Quasi Eksperimental dengan tipe desain posttest only control design dimana desain ini digunakan dalam perbandingan dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen I dan kelompok eksperimen II. Pengambilan sampel dilakukan terhadap populasi dengan teknik sampling cluster random sampling untuk menentukan dua kelas sampel. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa menggunakan pendekatan contextual teaching and learning (CTL) memperoleh nilai rata-rata 68,12: hasil belajar siswa yang diajar menggunakan pendekatan realistic mathematic education (RME) memperoleh nilai rata-rata 56,50: sehingga hasil belajar siswa yang menggunakan pendekatan contextual teaching and learning (CTL) lebih baik dari hasil belajar siswa menggunakan pendekatan realistic mathematic education (RME). 
Institution Info

Universitas Jambi