DETAIL DOCUMENT
Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) Dan Think Pair Share (TPS) Di Kelas VII SMP Negeri 9 Kota Jambi
Total View This Week0
Institusion
Universitas Jambi
Author
ANNISA, NINDY
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2020-02-12 01:49:50 
Abstract :
Annisa, Nindy. 2019. Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) Dan Think Pair Share (TPS) Di Kelas VII SMP Negeri 9 Kota Jambi. Skripsi, Pendidikan Matematika, Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi. Pembimbing: (I) Dra. Roseli Theis, M.S., (II) Drs. Wardi Syafmen, M.Si. Kata Kunci: Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika, Think Talk Write, Think Pair Share, Himpunan Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa menggunakan model pembelajaran TTW dan TPS. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimen dengan desain penelitian Posttest Only Control Group Desain. Populasinya adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 9 Kota Jambi. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas VII A dengan menerapkan model Think Talk Write (TTW) yang berjumlah 31 siswa yang merupakan kelas eksperimen I dan VII D dengan menerapkan model Think Pair Share (TPS) yang berjumlah 32 siswa yang merupakan kelas eksperimen II. Instrumen penelitian berupa soal esay sebanyak 3 soal dan lembar observasi siswa dan lembar observasi guru. Sebelum dilakukannya pengujian hipotesis, maka terlebih dahulu dilakukannya uji prasyarat yaitu uji normalitas, uji homogenitas untuk menganalisis data posttest. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika berdasarkan hasil posttest di kedua kelas adalah 76,94 dan 71,13. Berdasarkan pengujian hipotesis statistik dengan uji t pada taraf signifikan 95% didapat hasil ?-t?_tabel< t_hitung< t_tabel yaitu -1,999< 2,137< 1,999 sehingga hipotesis H0 ditolak dikarenakan nilai t_hitung berada diluar daerah penerimaan H0 atau diluar daerah t_tabel. Hasil yang diperoleh dapat terlihat bahwa terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa menggunakan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) dan Think Pair Share (TPS) di Kelas VII SMP Negeri 9 Kota Jambi. Hasil rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika yang diperoleh pada kelas eksperimen I dengan menerapkan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) adalah 76,94 sedangkan rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika pada kelas eksperimen I dengan menerapkan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) adalah 71,13 sehingga dapat terlihat bahwa model pembelajaran TTW lebih tinggi daripada model pembelajaran TPS. 
Institution Info

Universitas Jambi