DETAIL DOCUMENT
Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Snowballing Terhadap Kemampuan Mathematical Problem Solving and Mathematical Belief Siswa di SMP Negeri 2 Batanghari
Total View This Week0
Institusion
Universitas Jambi
Author
Ramadhan, Rahmat
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2020-02-13 03:32:25 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penerapan strategi pembelajaran aktif tipe snowballing terhadap mathematical problem solving dan untuk mengetahui mathematical belief siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Batanghari. Data penelitian diperoleh dengan cara memberikan soal posttes kemampuan mathematical problem solving dan angket mathematical belief. Setelah data posttest dan angket didapat akan dianalisis secara kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif deskriptif. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan Posttest-Only Contol Design. Populasi adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Batanghari yang berjumlah 103 orang. Penarikan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling, terpilihlah kelas VIII 3 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII 4 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes akhir berupa soal essay untuk melihat kemampuan mathematical problem solving siswa dan angket untuk melihat kemampuan mathematical belief siswa. Data tes dan angket dianalisis menggunakan uji dua pihak dengan uji-t setelah itu dilakukan uji lanjut yaitu uji regresi untuk mengetahui seberapa besar pengaruh strAtegi pembelajaran aktif tipe snowballing terhadap kemampuan mathematical problem solving and mathematical belief. Hasil penelitian dan analisis data yang telah dilakukan adalah sebagai berikut. 1) Ada pengaruh positif dan signifikan antara strategi pembelajaran aktif tipe snowballing terhadap kemampuan mathematical problem solving (rxy = 0,733; p< 0,005) dan dipatkan R Square sebesar 0,537 yang berarti 53,7% kemampuan mathematical problem solving siswa dipengaruhi oleh strategi pembelajaran aktif tipe snowballing. 2) Ada pengaruh positif dan signifikan antara strategipembelajaran aktif tipe snowballing terhadap kemampuan mathematical belief (rxy = 0,771; p< 0,005) dan dipatkan R Square sebesar 0,594 yang berarti 59,4% kemampuan mathematical belief siswa dipengaruhi oleh strategi pembelajaran aktif tipe snowballing. 
Institution Info

Universitas Jambi