Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional
terhadap sikap siswa pada mata pelajaran IPA di SMPN 03 Muaro Jambi,
Kecamatan Kumpeh. Adapun yang menjadi latar belakang penelitian ini karena
kecerdasan emosional siswa dapat berpengaruh terhadap sikap siswa pada mata
pelajaran IPA. Data penelitian diperoleh dari observasi, waawancara, angket, dan
dokumentasi. Tahap pertama peneliti melakukan observasi pendahuluan dan
wawancara kepada guru dan siswa. Tahap kedua peneliti menyebar angket disertai
dengan dokumentasi. Selanjutnya tahap terakhir peneliti melakukan penarikan
kesimpulan dengan memverifikasi data melalui transkip data dari kedua angket
yang diberikan siswa.
Penelitian ini dilakukan di Kecamatan Kumpeh, yaitu di SMPN 03 Muaro Jambi
pada Tahun ajaran 2019/2020. Sampel penelitian sebanyak 235 siswa yang
diambil dari populasi dengan teknik total sampling. Instrumen yang digunakan
dalam penelitian ini yaitu angket sikap siswa pada mata pelajaran IPA dan angket
kecerdasan emosional. Penelitian ini menggunakan desain kuantitatif. Analisis
data yang digunakan yaitu statistik deskriptif dan statistik inferensial berupa uji
asumsi dan uji hipotesis (uji regresi sederhana) diperoleh persamaan Y= 122,990
+ (0,926X).
Dari hasil penelitian, diperoleh nilai koefisien determinasi (R Square) sebesar
0,741 atau sama dengan 74,1%. Ini bearti bahwa sumbangan efektif yang
diberikan kecerdasan emosional terhadap sikap sebesar 74,1%, sedangkan sisanya
yaitu 25,9% dipengaruhi oleh faktor-faktor lainnya. Faktor-faktor tersebut dapat
berupa faktor internal (yang berasal dari dalam diri individu) atau eksternal (faktor
yang berasal dari luar individu). Hasil regresi diperoleh berdasarkan nilai thitung >
ttabel yaitu 25,3813 > 1,651420. Dari hasil tersebut menunjukkan bahwa
kecerdasan emosional mempunyai pengaruh terhadap sikap siswa pada mata
pelajaran IPA.