DETAIL DOCUMENT
IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA BERBASIS TEKS KURIKULUM 2013 KELAS XI SMA NEGERI 1 KOTA JAMBI
Total View This Week0
Institusion
Universitas Jambi
Author
kamilah, siti
Subject
HN Social history and conditions. Social problems. Social reform 
Datestamp
2020-02-13 04:00:06 
Abstract :
ABSTRAK Kamilah, Siti.2020. Implementasi Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Teks Kurikulum 2013 Kelas XI SMA Negeri 1 Kota Jambi. Skripsi, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing (I) Rustam, S.Pd.,M.Hum., (II) Dr. Dra. Irma Suryani, M.Pd. Kata kunci: Implementasi, pembelajaran, berbasis teks. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi pembelajaran bahasa Indonesia berbasis teks kurikulum 2013 kelas XI SMA Negeri 1 Kota Jambi. Berdasarkan perencanaan, pelaksanaan, evaluasi pembelajaran dan kendala yang dihadapi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian studi kasus. Subjek penelitian adalah guru bahasa Indonesia kelas XI MIPA 2 dan XI MIPA 5. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, lembar observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi menilai RPP guru, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran di kelas XI MIPA 2 dan XI MIPA 5. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru dapat membuat RPP pembelajaran bahasa indonesia berbasis teks secara kseluruhan dengan keriteria sesuai. Beberapa komponen belum lengkap seperti kompetensi dasar, indikator pencapaian kompetensi, materi pembelajaran, dan bentuk soal penilaian. Pada kegiatan pendahuluan guru melaksanakan dengan baik. Kegiatan inti pembelajaran berbasis teks terlaksana pada ketiga langkahnya, hanya membangun teks mandiri saja yang tidak terlaksana. Pelaksanaan pembelajaran berbasis teks tidak sesuai dengan RPP yang dibuat oleh guru bahasa Indonesia kelas XI SMA Negeri 1 Kota Jambi namun guru menerapkan langkah pembelajaran berbasis teks pada saat kegiatan pembelajaran. Berdasarkan observasi guru bahasa Indonesia kelas XI MIPA 2 melakukan evaluasi ranah sikap, pengetahuan dan keterampilan, sedangkan guru bahasa Indonesia kelas XI MIPA 5 guru bahasa Indonesia tidak melakukan evaluasi ranah keterampilan. Kendala yang dihadapi guru bahasa Indonesia kelas XI SMA Negeri 1 Kota Jambi ialah dalam pelaksanaan pembelajaran bahasa Indonesia berbasis teks membutuhkan waktu yang tepat dan kurangnya waktu yang dimiliki guru untuk melakukan penilaian. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa implementasi pembelajaran bahasa Indonesia berbasis teks kurikulum 2013 kelas XI SMA Negeri 1 Kota Jambi sudah terlaksana sesuai dengan Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 Tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. 
Institution Info

Universitas Jambi