DETAIL DOCUMENT
Analisis Disposisi Matematis Siswa Tipe Kepribadian Rational dalam Proses Pembelajaran Matematika di SMP
Total View This Week0
Institusion
Universitas Jambi
Author
Saharani, Tiara
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2020-02-17 02:39:10 
Abstract :
ABSTRAK Saharani, Tiara. 2020. Analisis Disposisi Matematis Siswa Tipe Kepribadian Rational dalam Proses Pembelajaran Matematika di SMP: Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Sri Winarni S.Pd., M.Pd., (II) Marlina S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Disposisi Matematis, Tipe Kepribadian Rational, Proses Pembelajaran. Disposisi matematis merupakan soft skill matematis yang sangat penting dalam pembelajaran matematika. Namun rendahnya disposisi matematis siswa dalam belajar matematika perlu ditinjau lebih dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis disposisi matematis siswa tipe kepribadian rational dalam proses pembelajaran dan faktor-faktor yang mempengaruhi disposisi matematis siswa tipe kepribadian rational dalam proses pembelajaran matematika. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 18 Kota Jambi pada kelas VIII A tahun ajaran 2019/2020. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskritif. Subjek penelitian ini adalah 4 siswa yang memiliki tipe kepribadian rational. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dalam proses pembelajaran matematika, didukung dengan studi dokumentasi matematis dan pengisian angket disposisi serta wawancara. Berdasarkan hasil observasi, studi dokumentasi, pengisian angket, dan wawancara diperoleh hasil penelitian bahwa siswa tipe rational SR1, SR3, dan SR4 memiliki disposisi matematis yang sedang. Dan SR2 memiliki disposisi matematis yang tergolong tinggi. SR1 memenuhi 4 dari 7 indikator disposisi matematis. SR2 memenuhi seluruh indikator disposisi matematis, dan SR3 memenuhi 4 dari 7 indikator. Dan sedangkan SR4 memenuhi 3 dari 7 indikator disposisi matematis. Siswa tipe rational kurang percaya diri dalam menggunakan matematika, menyelesaikan masalah, memberi alasan dan mengomunikasikan gagasan. Siswa rational sedang pada indikator fleksibel dalam menyelidiki ide dan mencari metode alternatif dalam menyelesaikan masalah. Siswa tipe kepribadian rational cukup pada indikator tekun mengerjakan tugas matematika. Siswa tipe rational cenderung memenuhi indikator menunjukan minat, rasa ingin tahu, dan daya temu dalam melakukan tugas matematika. Siswa rational memenuhi indikator memonitor dan merefleksi kinerja/belajar matematika. Siswa tipe ini seluruhnya memenuhi indikator menilai aplikasi matematika ke dalam situasi lain dan dalam pengalaman sehari-hari. Siswa rational cukup dalam mengapresiasi konsep matematika dalam kultur dan nilai matematika sebagai alat dan sebagai bahasa. 
Institution Info

Universitas Jambi