DETAIL DOCUMENT
ANALISIS PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DAN PENGARUHNYA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA PADA MATERI HIDROKARBON DI MA LABORATORIUM KOTA JAMBI
Total View This Week0
Institusion
Universitas Jambi
Author
Pujiwati, Windi
Fuldiaratman, Fuldiaratman
Syahri, Wilda
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2020-02-17 03:47:37 
Abstract :
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterlaksanaan model Contextual Teaching and Learning dan pengaruhnya terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi hidrokarbon di MA Laboratorium Kota Jambi. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah mix method (pendekatan campuran) dengan jenis model sequential exploratory (metode urutan penemuan). Instumen yang digunakan adalah lembar observasi guru, lembar observasi siswa, lemba observasi kemampuan berpikir kreatif, dan tes essay. Untuk melihat hubungan keterlaksanaan model Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan kemampuan berpikir krreatif siswa dilakukan uji korelasi product moment dan kemuadian digunakan uji lanjut yaitu uji t. Keterlaksanaan model Contextual Teaching and Learning oleh siswa sebesar 58,60% dengan kategori cukup baik, kemampuan berpikir kreatif sebesar 72,30% dengan kategori baik. Pengaruh keterlaksanaan model Contextual Teaching and Learning dengan kemampuan berpikir kreatif siswa diperoleh rxy=0.6689 dengan tingkat hubungan kuat. Hasil uji t keterlaksanaan model Contextual Teaching and Learning terhadap kemampuan berpikir kreatif terdapat pengaruh. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa keterlaksanaan model Contextual Teaching and Learning berjalan dengan baik dan terdapat pengaruh terhadap kemampuan berpikirr kreati siswa pada materi hidrokarbon di MA Laboratorium Kota Jambi 
Institution Info

Universitas Jambi