Abstract :
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kreativitas belajar
terhadap sikap siswa dalam matapelajaran IPA di SMP se-kecamatan Muara
Tembesi Kabupaten Batanghari yaitu di SMPN 1 Batanghari, SMPN 6 Batanghari,
SMPN 18 Batanghari dan SMPN 20 Batanghari.
Metode yang digunakan yaitu menggunakan design penelitian kuantitatif dengan
jenis asosiatif menggunakan analisis regresi. Jumlah sampel dalam penelitian ini
yaitu sebnayak 952 siswa SMP di Kecamatan Batanghari. Teknik pengumpulan
data yang digunakan menggunakan instrumen angket
Hasil dari penelitian ini ialah terdapatnya pengaruh kreativitas belajar terhadap
sikap siswa dalam matapelajaran IPA di SMP sekecamatan Muara Tembesi yaitu
di SMPN 1 Batanghari dengan nilai koefisien determinasi sebesar 57,7 % yang
memiliki sikap siswa dalam matapelajaran IPA dominan berkategori baik dan
tingkat kreativitas belajar dalam matapelajaran IPA dominan berkategori baik.
Dengan mengetahui pengaruh kreativitas belajar terhadap sikap siswa dalam
matapelajaran IPA mampu membantu guru dalam mempersiapkan rencana
pembelajaran yang sesuai guna membantu siswa dalam meningkatkan kreativitas
dan mencapai hasil yang maksimal dalam pembelajaran IPA.