Abstract :
Materi benda tegar akan mudah dipahami apabila bahan ajar yang digunakan tepat
dan menarik, salah satunya dengan mengembangkan buku pengayaan. Berdasarkan
studi pendahuluan dengan menyebarkan angket kepada 28 mahasiswa Pendidikan
Fisika kelas regular A angkatan 2017, diperoleh bahwa sebanyak 75% mahasiswa
hanya menggunakan e-book sebagai sumber belajar. Sumber belajar berupa e-book
merupakan sumber acuan wajib mahasiswa. Tetapi permasalahan yang muncul dari
penggunaan e-book adalah tidak semua informasi terkait materi benda tegar
terdapat dalam e-book.
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan menghasilkan sebuah buku penunjang yang
dapat membantu mahasiswa dalam mempelajari materi benda tegar yakni berupa
buku pengayaan fisika pada struktur atap rumah tradisional Seberang Kota Jambi.
Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE
(Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation), tetapi peneliti
hanya melaksanakan sampai pada tahap pengembangan (Development). Penelitian
ini dilakukan di FKIP Pendidikan Fisika Universitas Jambi pada 22 September
2019, dengan menyebarkan angket pada mahasiswa regular A angkatan 2017.
Buku pengayaan yang dikembangkan oleh peneliti divalidasi oleh dua orang
validator. Skor yang diperoleh dari dua validator adalah 100% sehingga buku
dikategorikan sangat layak. Hasil persepsi mahasiswa diperoleh persentase rata-rata
sebesar 87,04% yang termasuk dalam kategori sangat baik dan menunjukkan bahwa
buku pengayaan merupakan media penujang pembelajaran yang menarik.