DETAIL DOCUMENT
DESKRIPSI KETERAMPILAN PROSES SAINS MELALUI LESSON STUDY PADA SISWA KELAS VII 3 SMP ISLAM AL-FALAH JAMBI DALAM MATERI SUHU DAN KALOR
Total View This Week0
Institusion
Universitas Jambi
Author
Rizcyani, Putri
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2020-02-21 02:18:01 
Abstract :
ABSTRAK Putri, Rizcyani. 2019. Deskripsi keterampilan proses sains melalui Lesson Study pada siswa kelas VII 3 SMP Islam Al-Falah Jambi dalam materi suhu dan kalor: Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP. Universitas jambi, Pembimbing: (I) Nova Susanti,S.Pd.,M.Si., (II) Haerul Pathoni,S.Pd.,M.Pfis. Kata kunci: Keterampilan proses sains, lesson study. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh proses pembelajaran yang kurang efektif karna siswa yang sulit diatur dan sebagian siswa banyak yang berbicara dengan siswa lain saat belajar, dimana proses pembelajaran yang berlangsung di kelas VII 3 SMP Islam Al-Falah Jambi tidak menunjukan pembelajaran yang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan proses sains siswa kelas VII 3 SMP Islam Al-Falah Jambi melalui Lesson Study dalam materi suhu dan kalor. Penelitian ini dilakukan di SMP Islam Al-Falah Jambi pada Oktober 2019 sebanyak 2 siklus. Dimana tahap-tahapnya adalah perencanaan (plan), pelaksanaan (do), dan refleksi (see). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian diperoleh dari lembar observasi keterampilan proses sains pada siklus I dan Siklus II melalui lesson study dapat memperbaiki kualitas belajar serta keterampilan proses sains siswa. Hal ini terbukti dari hasil yang didapatkan pada penelitian ini yaitu sudah mencapai indikator keberhasilan keterampilan proses sains siswa, yakni pada siklus I tergolong dalam kriteria kurang dengan persentase 50,2% dan siklus II berada pada kriteria baik dengan persentase 77%. Kemudian untuk setiap indikatornya mengalami perbaikan yaitu indikator mengamati 80%, indikator berhipotesis 69%, indikator merencanakan percobaan 78%, indikator menafsirkan/interpretasi 77% dan indikator komunikasi 80%. Saran bagi guru sebaiknya lesson study untuk mendeskripsikan keterampilan proses sains siswa diterapkan dalam proses pembelajaran dikelas. Kegiatan lesson study bisa memperbaiki keterampilan proses sains siswa karena dilakukan secara kolaboratif disetiap tahapnya. 
Institution Info

Universitas Jambi