DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE LEARNING TYPE SNOWBALL THROWING TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWAKELAS VII PADA MATA PELAJARAN PPKN DI SMP NEGERI30 MUARO JAMBI
Total View This Week0
Institusion
Universitas Jambi
Author
HASNAWATI, -
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2020-06-26 07:44:37 
Abstract :
ABSTRAK Hasnawati, 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Learning Type Snowball Throwing Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas VII Pada Mata Pelajaran PPKn di SMP Negeri 30 Muaro Jambi. Skripsi: Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, FKIP, Universitas Jambi, Pembimbing (1) Drs. M.Salam, M.Si (2) Heri Usmanto, S.Pd, M.Pd Kata Kunci : Model Pembelajaran Snowball Throwing, Motivasi Belajar PPKn Penelitian ini dilatarbelakangi karena motivasi belajar yang dimiliki siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan masih rendah. Hal ini terlihat dari bagaimana siswa mengikuti pembelajaran di kelas. Dalam proses belajar, motivasi sangat diperlukan motivasi sangat menentukan tingkat berhasil atau gagalnya proses belajar siswa. Belajar tanpa adanya motivasi kiranya akan sulit untuk berhasil. Karena, seseorang yang tidak mempunyai motivasi dalam belajar akan sulit untuk melakukan kegiatan pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Cooperative Learning Type Snowball Throwing Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas VII Pada Mata Pelajaran PPKn di SMP Negeri 30 Muaro Jambi. Desain penelitian yang digunakan di dalam penelitian ini adalah Quasi Eksperimental Design yaitu Nonequivalent control group design. Penelitian ini dilakukan pada bulan Agustus sampai Oktober 2019. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas VII yang berada di SMP 30 Muaro Jambi yang berjumlah 60 orang siswa. Hasil penelitian menunjukkan kelompok kelas eksperimen yang telah diberikan perlakuan dengan menggunakan model snowball throwing dan kelas kontrol dengan menggunakan model pembelajaran konvensional, dan diperoleh nilai thitung = 2,55 dan ttabel = 1,296 hal ini menunjukkan bahwa telah terjadi perbedaan yang signifikan terhadap motivasi belajar siswa antar siswa kelas ekperimen yang menggunakan model snowball throwing dengan siswa kelas kontrol yang mendapat perlakuan dengan model pembelajaran konvensional. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan kepada guru untuk menggunakan model pembelajaran cooperatiive learning type snowball throwing sebagai alternatifdalam proses pembelajaran PPKn di sekolah. 
Institution Info

Universitas Jambi