DETAIL DOCUMENT
Analisis Pemahaman Konsep Mahasiswa Berdasarkan Resource Theory pada Mahasiswa Pendidikan Fisika Universitas Jambi
Total View This Week0
Institusion
Universitas Jambi
Author
Lestari, Miftahul Dwi
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2020-02-28 02:29:44 
Abstract :
ABSTRAK Lestari, Miftahul Dwi. 2020. Analisis Pemahaman Konsep Mahasiswa Berdasarkan Resource Theory pada Mahasiswa Pendidikan Fisika Universitas Jambi. Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi. Pembimbing: (I) Nehru, S.Si.,M.T (II) Dian Pertiwi Rasmi, S.Pd.,M.Pd Kata Kunci: Pemahaman Konsep, Resource Theory, Listrik Arus Searah Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pemahaman konsep mahasiswa. Dalam analisis pemahaman konsep ada tiga cara untuk menganalisis pemahaman konsep yaitu dengan miskonsepsi, resource theory atau potongan pengetahuan dan ontologis. Jadi, penelitian yang dilakukan ini yaitu analisis pemahaman konsep berdasarkan resource theory. Dengan tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui bagaimana pemahaman konsep mahasiswa berdasarkan Resource Theory pada mahasiswa pendidikan fisika Universitas Jambi. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa pendidikan fisika angkatan 2017 dan 2018 sebanyak 148 orang yang telah menempuh mata kuliah fisika dasar. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan survei pada materi Listrik Arus Searah. Instrumen yang digunakan yaitu 7 butir soal tes pilihan ganda beralasan yang sudah dilakukan uji validasi ahli dan empiris, kemudian data dianalisis dengan cara data dikelompokkan dan jawaban dikodekan berdasarkan jumlah mahasiswa yang menjawab jawaban yang sama dengan jenis kategori jawaban yang sama pula. Kemudian hasil tes disajikan dalam bentuk persentase. Penelitian ini mengungkapkan bahwa masih banyak mahasiswa yang masih memahami potongan-potongan konsep atau aktivasi resource belum tepat. Hal ini terlihat dari jawaban mahasiswa pada 7 soal tes pilihan ganda beralasan dengan diperoleh rata-rata sebesar 0,33 dari keseluruhan mahasiswa yang mengalami aktivasi resource tidak tepat atau masih berupa potongan pengetahuan. 
Institution Info

Universitas Jambi