DETAIL DOCUMENT
Hubungan Keterlibatan Orang Tua Pada Proses Belajar Anak dengan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 8 Kota Jambi
Total View This Week0
Institusion
Universitas Jambi
Author
Marni, Marni
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2020-03-03 02:04:51 
Abstract :
Keterlibatan orang tua pada proses belajar anak merupakan pendidik yang pertama dalam membantu mengembangkan potensi anak. Seorang siswa dalam melakukan proses belajar memerlukan adanya dorongan tertentu agar kegiatan belajar nya dapat menghasilkan hasil belajar yang sesuai dengan tujuan yang diharapkan. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa tentunya perlu di perhatikan berbagai faktor yang dapat membangkitkan para siswa untuk belajar secara efektif. Hal tersebut dapat ditingkatkan apabila orang tua terlibat secara langsung pada proses belajar anak secara optimal. Jenis penelitian yang di gunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif yang bersifat korelasional. Adapun populasi siswa kelas VIII di SMP Negeri 8 Kota Jambi yang berjumlah 251 Orang, sampel berjumlah 78 orang yang diambil dengan menggunakan Purposive Sampling. Sedangkan data hasil belajar siswa menggunakan leger nilai semester genap tahun ajaran 2018/2019. Analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisa korelasi product moment. Teknik pengolahan data menggunakan program SPSS 25. Temuan hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlibatan orang tua pada proses belajar anak dengan hasil belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 8 Kota Jambi memiliki korelasi 0,304 yang berarti korelasi rendah atau hubungan jelas tetapi kecil. Berdasarkan hasil penelitian tersebut direkomendasikan kepada orang tua serta pihak sekolah agar dapat saling bekerja sama untuk terlibat didalam proses belajar anak agar siswa dapat menghasilkan hasil belajar yang memuaskan. 
Institution Info

Universitas Jambi