DETAIL DOCUMENT
PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARANKOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE (TPS) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADAMATERI HUKUM-HUKUM DASAR KIMIA DI KELAS X SMA N 7 Sarolangun
Total View This Week0
Institusion
Universitas Jambi
Author
LAILI, JUMRATUL
Muhaimin, Muhaimin
Syamsurizal, Syamsurizal
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2020-03-03 08:47:16 
Abstract :
ABSTRAK Laili, Jumratul. 2019. Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Terhadap Hasil Belajar Siswa pada materi Hukum- Hukum Dasar Kimia di Kelas X SMAN 7 Sarolangun. Skripsi, Jambi: Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Jambi Pembimbing I. Dr. rer. nat. Muhaimin, S.Pd., M.Si, Pembimbing II. Dr. Syamsurizal, M.Si Kata Kunci : Think Pair Share (TPS), Hasil Belajar, Hukum-Hukum Dasar Kimia. Permasalahan yang dihadapi dalam pembelajaran kimia di SMA Negeri 7 Sarolangun adalah rendahnya aktivitas belajar dan hasil belajar siswa, untuk mengatasi masalah tersebut seorang guru harus mampu menciptakan suasana belajar dengan menerapkan model pembelajaran yang memungkinkan siswa untuk aktif belajar mandiri dan dapat membangkitkan aktivitas belajar siswa sehingga dapat meningkatkan hasil belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 7 Sarolangun Jenis penelitian Quasi-Eksperimental, dengan desain Nonrandomized Control Group Pretest-Posttest Design. Pengambilan sampel dilakukan dengan cara Sampling Jenuh diperoleh 2 kelas sampel yaitu kelas X IPA1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XIPA2 sebagai kelas kontrol. Instrumen dalam penelitian ini adalah non tes dengan lembar observasi dan tes hasil belajar, sebelum tes dilakukan maka soal diujicobakan dikelas XI untuk mengetahui Validitas, Tingkat Kesukaran, Daya Beda dan Reliabilitas. Data diuji kenormalan dengan uji Liliefors dan diuji homogenitas dengan uji Fischer kemudian menguji hipotesis menggunakan uji kesamaan dua rata-rata, uji satu pihak yaitu uji pihak kanan. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa rata-rata nilai pretest kelas eksperimen yaitu 21,67 dan rata-rata nilai pretest kelas kontrol yaitu 25,83. Sedangkan rata-rata nilai posttest hasil belajar kelas eksperimen yaitu 70,17 dan rata-rata nilai posttest hasil belajar kelas kontrol yaitu 60,5. Pada uji hipotesis selisih nilai pretest dan posttest diperoleh thitung = 4,753 dan ttabel = 1,665. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) pada materi Hukum-Hukum Dasar Kimia terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 7 Sarolangun. 
Institution Info

Universitas Jambi