DETAIL DOCUMENT
ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI PERSEGI PANJANG PADA SISWA KELAS VIII SMP
Total View This Week0
Institusion
Universitas Jambi
Author
Utami, Ruri Widyas
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2020-03-04 03:39:12 
Abstract :
Berpikir kreatif diperlukan dalam pemecahan masalah matematika, karena memberikan kemudahan bagi siswa menyelesaikan masalah. Di SMP N 1 Kota Jambi terdapat siswa yang berpikir kreatif, tetapi belum memenuhi indikator dari kemampuan berpikir kreatif yaitu fluency, flexibility, originality dan elaboration. Penelitian ini dilakukan di SMP N 1 Kota Jambi pada kelas VIII dengan tujuan untuk menganalisis kemampuan berpikir kreatif siswa dalam pemecahan masalah matematika pada materi persegi panjang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif Dari 28 siswa sebagai calon subjek diberikan tes diambil 3 orang siswa sebagai subjek penelitian berdasarkan pengelompokkan jawaban siswa dalam memecahkan masalah yaitu kelompok dengan hasil jawaban yang lengkap dan memiliki variasi jawaban, kelompok dengan jawaban yang lengkap tetapi menggunakan cara yang umum digunakannya, dan kelompok jawaban yang lengkap tetapi hanya menggunakan satu cara. Kemudian dipilih data dari lembar tes pemecahan masalah dengan menggunakan think aloud dan hasil wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, subjek pertama memenuhi semua indikator kemampuan berpikir kreatif yaitu, fluency, flexibility, originality dan elaboration, sedangkan subjek kedua dan ketiga tidak memenuhi indikator originality dikarenakan jawaban yang diberikan oleh subjek masih cara yang umum digunakannya dalam menyelesaikan soal. Subjek ketiga tidak memenuhi indikator flexibility, dikarenakan kurangnya memahami soal sehingga subjek kesulitan memberikan alternatif jawaban lain. 
Institution Info

Universitas Jambi