DETAIL DOCUMENT
PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS DESKRIPSI SISWA KELAS VII.1 SMP NEGERI 5 BATANGHARI MELALUI MEDIA GAMBAR
Total View This Week0
Institusion
Universitas Jambi
Author
BELLA, DESRI MIRTA
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2020-03-05 07:08:01 
Abstract :
ABSTRAK MirtaBella Desri. 2020. Peningkatan Kemampuan Menulis Teks Deskripsi Siswa Kelas VII.1 SMP Negeri 5 Batanghari Melalui Media Gambar: Skripsi, Jurusan Pendidikan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi, Pembimbing: (1) Dr. Drs. H. Maizar Karim, M.Hum. Pembimbing: (2) Dra. Hj. Yusra Dewi, M.Pd. Kata Kunci: keterampilan menulis karangan deskripsi, media gambar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis teks deskrispsi siswa kelas VII.1 SMP Negeri 5 Batanghari melalui media gambar. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 5 Batanghari. Data penelitian diperoleh yaitu 1) Lembar observasi aktivitas guru dan siswa ketika proses pembelajaran, 2) Tes, 3) Lembar catatan lapangan, 4) Dokumentasi. Setelah itu data dianalisis dengan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan menggunakan media gambar dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi siswa. Peningkatan keterampilan menulis karangan deskripsi pada siklus I sebesar 5,49, yang kondisi awal nilai rerata 65,06, meningkat menjadi 70,55. Peningkatan keterampiilan menulis karangan deskripsi pada siklus II sebesar 9,81, yang kondisi awal nilai rerata 65,06 meningkat menjadi 75,00. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) Kolaborasi. Subjek penelitian siswa kelas VII.1 SMP Negeri 5 Batanghari dengan jumlah 28 siswa. Desain penelitian ini menggunakan model penelitian Kemmis dan Mc Taggart. Dari hasil penelitian ini disarankan guru lebih memperbanyak pengajaran menggunakan media gambar dan membimbing siswa dalam menulis karangan deskripsi. Disamping itu, guru sebagai pemengang peran dalam kegiatan pembelajaran mestinya meningkatkan kemampuan mengajar,penggunaan media dan memvariasikan strategi yang tepat juga memotivasi siswa, sehingga lebih antusias dalam pembelajaran. 
Institution Info

Universitas Jambi