DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MIND MAPPING TERHADAP PEMAHAMAN FUNGSI KELUARGA MELALUI LAYANAN INFORMASI DI SMA NEGERI 4 KOTA JAMBI
Total View This Week0
Institusion
Universitas Jambi
Author
NESTY ELISKA, MIA
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2020-03-16 03:08:31 
Abstract :
ABSTRAK MIA NESTY ELISKA, 2020, Pengaruh Mind mapping Terhadap Pemahaman Fungsi Keluarga Melalui Layanan Infromasi Di SMA Negeri 4 Kota Jambi Pembimbing I: Drs.Asradi, MM Pembimbing II : Rully Andi Yaksa, M.Pd Penelitian ini adalah untuk melihat pengaruh mind mapping terhadap pemahaman fungsi keluarga Di SMA Negeri 4 Kota Jambi. Adapun yang melatar belakangi penulisan ini yaitu berdasarkan hasil Angket Kebutuhan Peserta Didik Serta keterangan yang diberikan oleh guru pembimbing bahwa ditemukan rata-rata siswa memiliki permasalahan dalam bidang keluarga sehingga berdampak pada kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman fungsi keluarga siswa agar dapat meminimalisir permasalahan yang ada. Mind mapping adalah cara mencatat yang kreatif, efektif dan secara harfiah akan memetakan pikiran-pikiran kita sedangkan layanan informasi adalah kegiatan memberikan pemahaman kepada individu-individu yang berkepentingan tentang berbagai hal yang diperlukan untuk menjalani suatu tugas atau kegiatan atau untuk menentukan arah suatu tujuan atau rencana yang dikehendaki, dengan demikian layanan informasi itu pertama-tama merupakan perwujudan dan fungsi pemahaman dalam bimbingan dan konseling. Jenis penelitian ini merupakan penelitian True Experimental Design. Persyaratan dalam eksperimen ini adanya kelompok kontrol yang diberikan perlakuan konvensioanal dan ikut mendapatkan pengamatan. Sedangkan design yang digunakan adalah pre-test dan post-test group design. Pada penelitian ini sampel diambil menggunakan teknik penarikan sampel Purposive Sampling. Sehingga ditetapkan kelompok eksperimen yaitu kelas X IIS 4 berjumlah 34 siswa dan Kelompok Kontrol yaitu kelas X IIS 5 berjumlah 34 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan instrument berbentuk tes dengan opsi jawaban Benar salah. Setelah dilakukan perhitungan menggunakan uji T-test ditemukan hasil 6,152 sedangkan T-tabel berada pada derajat kebebasan 66 (68-2) pada tingkat kepercayaan 0,005 adalah sebesar 2,660 maka berarti T-hitung lebih besar dari T-tabel sehingga hipotesis menyatakan terdapat perbedaan antara kelas eksperimen dengan kelas kontrol dalam pemahaman fungsi keluarga siswa. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penggunaan mind mapping dapat meningkatkan pemahaman fungsi keluarga siswa. Kata Kunci : Pemahaman Fungsi Keluarga, Mind mapping, Siswa SMA Negeri 4 Kota Jambi 
Institution Info

Universitas Jambi