DETAIL DOCUMENT
PENGARUH PENERAPAN DISIPLIN BELAJAR OLEH ORANGTUA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI SMP NEGERI 24 KOTA JAMBI
Total View This Week0
Institusion
Universitas Jambi
Author
CAHYANI, REGITA
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2020-03-16 03:08:54 
Abstract :
ABSTRAK Judul : Pengaruh Penerapan Disiplin Belajar Oleh Orangtua Terhadap Hasil Belajar Siswa Di SMP Negeri 24 Kota Jambi Nama : Regita Cahyani NIM : A1E115017 Dosen Pembimbing : Drs. Nelyahardi Gutji, M.Pd Siti Amanah, M.Pd Hasil belajar merupakan tolak ukur kemampuan siswa setelah melakukan kegiatan belajar selama periode waktu tertentu. Hasil belajar dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya yaitu penerapan disiplin belajar oleh orangtua. Perbedaan disiplin belajar pada masing-masing siswa memunculkan hasil belajar yang berbeda-beda pula, seperti halnya disiplin belajar dan Hasil belajar kelas VIII di SMP Ngeri 24 Kota Jambi. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) tingkat penerapan disiplin belajar oleh siswa, (2) tingkat hasil belajar siswa, (3) pengaruh penerapan disiplin belajar oleh orangtua terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian yaitu seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 24 Kota Jambi berjumlah 200 siswa. Sampel penelitian sebanyak 60 siswa yang ditentukan menggunakan teknik purposive Sampling. Variabel penelitian meliputi penerapan disiplin belajar oleh orangtua sebagai variabel bebas dan Hasil belajar sebagai variabel terikat. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara dan dokumentasi. Uji prasyarat analisis menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dan linier sehingga teknik pengujian hipotesis menggunakan analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) tingkat disiplin belajar siswa sebesar 63,3% dan termasuk dalam kategori tinggi, (2) tingkat hasil belajar siswa sebesar 60,7% termasuk dalam kategori tinggi , (3) Nilai sig. sebesar 0,000. Oleh karena 0,000 < 0,05, maka terdapat pengaruh yang signifikan penerapan disiplin belajar oleh orangtua terhadap hasil belajar siswa, koefisien determinasi (R Squere) 0,359 menunjukkan bahwa persentase sumbangan pengaruh variabel bebas sebesar 35,9% atau 0,36%. Hal ini menunjukkan bahwa 36% hasil belajar siswa dipengaruhi oleh disiplin belajar, sedangkan 99,64% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian. Pada hasil penelitian, maka semua pihak baik guru maupun orang tua hendaknya memperhatikan dan meningkatkan disiplin belajar siswa sehingga dapat mencapai hasil belajar yang lebih optimal. Kata kunci : Penerapan Disiplin Belajar Oleh Orangtua dan Hasil Belajar 
Institution Info

Universitas Jambi