DETAIL DOCUMENT
PENERAPAN PEMBELAJARAN OUTDOOR LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS DESKRIPSI SISWA KELAS VII B SMP NEGERI 30 MUARO JAMBI
Total View This Week0
Institusion
Universitas Jambi
Author
UTAMI, YOLANDA DENITYA
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2020-03-06 04:53:42 
Abstract :
Kata kunci: meningkatkan kemampuan, outdoor learning, teks deskripsi Keterampilan menulis tidak datang begitu saja melainkan perlunya proses belajar dan latihan, permasalahan ini umumnya terjadi disekolah-sekolah. Salah satu materi yang melatih keterampilan menulis yaitu menulis teks deskripsi. Materi teks deskripsi dipelajari oleh siswa kelas VII SMP. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 30 Muaro Jambi dengan subjek penelitiannya siswa kelas VII B. Saat dilaksanakan observasi sebagian besar siswa kesulitan menulis teks deskripsi karena guru menggunakan pendekatan di dalam kelas yang membuat siswa hanya terpaku di dalam kelas karena tidak memperhatikan objeknya secara nyata atau langsung. Hal tersebut juga menghambat proses berpikir siswa dalam menemukan ide dan gagasan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis teks deksripsi melalui pembelajaran outdoor learning pada siswa kelas VII B SMP Negeri 30 Muaro Jambi. Penelitian ini dilakukan pada November 2019. Data penelitian diperoleh dengan cara menggunakan pendekatan outdoor learning atau di luar kelas pada proses pembelajaran, kemudian dilakukannya pengamatan dan pemberian tugas kepada siswa berupa menulis teks deskripsi (sebagai data utama), wawancara dengan guru bidang studi Bahasa Indonesia dan pengamatan keaktifan, konsentrasi, dan keseriusan siswa dalam kegiatan menulis (sebagai data penunjang). Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa mengalami kesulitan dalam membuat judul, mengidentifikasikan, mendeskripsikan, dan membuat kesimpulan. Pada pra tindakan hanya 5 siswa yang tuntas dari 29 jumlah siswa, pada siklus I 15 siswa yang tuntas dan 14 siswa tidak tuntas, dan pada siklus II meningkat menjadi sebanyak 24 siswa tuntas dan 5 siswa tidak tuntas dalam menulis teks deskripsi. Jadi, menerapkan pembelajaran outdoor learning dapat meningkatkan kemampuan menulis teks deskripsi siswa kelas VII B SMP Negeri 30 Muaro Jambi, bukan hanya meningkatkan hasil tulisan siswa tetapi juga meningkatkan keaktifan, perhatian dan konsetrasi, dan keseriusan siswa dalam kegiatan menulis. Oleh sebab itu, pembelajaran outdoor learning atau pembelajaran di luar kelas sangat dianjurkan karena berpengaruh terhadap proses berpikir kreatif siswa dan dapat membantu siswa untuk menemukan kosa kata yang belum terpikir sebelumnya oleh mereka dan juga dapat menentukan diksi yang tepat dalam mendeksipsikan sebuah objek. Kata Pengantar Alhamdulillahirabbil Alamin. Puji dan syukur penulis panjatkan kehadirat Allah Subhanahu Wata?ala karena berkat Rahmat dan Karunia-Nya penulis dapat menyelesaikan penyusunan skripsi ini. Shalawat beserta salam semoga senantiasa terlimpah curahkan kepada Nabi Muhammad Shalallahu?alaihi Wa Sallam, kepada keluarganya, para sahabatnya hingga kepada umatnya yang senantiasa selalu berpegang teguh terhadap ajaran sunnahnya hingga akhir zaman ini. Penulis menyadari sepenuhnya bahwa skripsi ini masih jauh dari kesempurnaan karena menyadari segala keterbatasan yang ada. Untuk itu demi sempurnanya skripsi ini, penulis sangat membutuhkan dukungan dan sumbangsih pikiran yang berupa kritik dan saran yang bersifat membangun. Skripsi ini penulis persembahkan kepada kedua orang tua (Deni Kuswandi dan Gustiarti) yang telah tulus ikhlas memberikan kasih sayang, cinta, doa, perhatian, dukungan moral dan materil yang telah diberikan selama ini. Untuk Nyantah (H. Mahdilas BA.) dan Nenek (Hj. Nadiah) terima kasih telah merawatku dari SD sampai sekarang, semoga Allah senantiasa mengangkat derajat kalian yang telah berbaik hati kepadaku. Tak lupa untuk Tekma (Noverma, S.Pd) tanteku yang telah aku anggap seperti Ibu sendiri, terima kasih untuk motivasi dan dukungannya. Buat adikku tersayang Iqbal dan keponakanku Ifah dan Byan terima kasih telah membuat hari-hariku selalu cerah. Penyusunan skripsi ini tidak lepas dari bantuan berbagai pihak, karena itu penulis menyampaikan ucapan terima kasih kepada rektor Universitas Jambi Prof. Drs. H. Sutrisno, M.Sc., Ph.D dan dekan FKIP Universitas Jambi Prof. Dr. rer. nat. Asrial, M.Si. Terima kasih kepada ketua program bidang studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Bapak Drs. Imam Suwardi Wibowo, M.Pd yang selalu memberi dukungan, semangat, dan nasihat setiap penulis dan teman-teman datang ke ruang prodi. Terima kasih kepada pembimbing skripsi I Ibu Dr. Nazurty, M.Pd dan pembimbing skripsi II Bapak Drs. Aripudin, M.Hum yang selalu membimbing dengan ikhlas skripsi penulis dari judul sampai lampiran skripsi, yang selalu membimbing dengan kalimat-kalimat yang menenangkan hati. Terima kasih kepada penguji skripsi Bapak Dr. Drs. Hary Soedarto H, M.Pd., Bapak Drs. Akhyaruddin, M.Hum., dan Bapak Hilman Yusra, S.Pd., M.Pd. yang telah memberi sumbangan saran demi tercapainya skripsi ini. Terima kasih kepada pihak sekolah SMP Negeri 30 Muaro Jambi, kepada kepala sekolah SMP Negeri 30 Muaro Jambi Bapak Popida Marta S.Pd., M.Pd yang telah mengizinkan penulis untuk melaksanakan penelitian di SMP Negeri 30 Mua 
Institution Info

Universitas Jambi