DETAIL DOCUMENT
PENGARUH METODE BLENDED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR MELALUI LAYANAN INFORMASI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 15 KOTA JAMBI
Total View This Week0
Institusion
Universitas Jambi
Author
DELAPISKA, INTAN
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2020-03-10 04:20:51 
Abstract :
ABSTRAK Judul Skripsi : Pengaruh metode blended learning untuk meningkatkan minat belajar melalui layanan informasi pada siswa kelas VII SMP Negeri 15 Kota Jambi. Nama : Intan Delapiska Nim : A1E115002 Pembimbing I : Drs. Rasimin, M.Pd Pembimbing II : Affan Yusra, S.Pd, M.Pd Minat merupakan salah satu faktor penentu dalam keberhasilan pendidikan. Dukungan minat belajar sangat dibutuhkan untuk terciptanya pembelajaran efektif. siswa yang pada awalnya malas dalam belajar akan berusaha mengejar ketertinggalannya jika dalam diri siswa terbentuk minat tinggi untuk turut aktif dalam setiap proses pembelajaran, karena ia merasa puas dengan belajar. Hasil Penelitian awal yang dilakukan di SMP Negeri 15 Kota Jambi yakni didapatkan data bahwa minat belajar siswa tersebut berada pada kategori rnedah dengan persentase frekuensi 35% dari 26 responden. Untuk Minat belajar dapat diukur melalui tiga indikator menurut Slameto dalam Hasanah (2006:131) yaitu ketertarikan untuk belajar, perhatian dalam belajar, serta keterlibatan siswa dalam belajar. Dalam layanan informasi tersebut terdapat beberapa metode yang bisa diterapkan dalam pembelajaran, salah satunya metode blended learning. Blended learning pada dasarnya adalah suatu sistem belajar yang memadukan antara belajar secara face to face (bertemu muka/klasikal) dengan belajar secara online melalui penggunaan fasilitas/media internet (Sari, 2013:3). Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa minat belajar siswa SMP Negeri 15 Kota Jambi mengalami kenaikan nilai dimana kelompok kelompok eksperimen mengalami kenaikan rata-rata sebesar 9.23 sedangkan kelompok kontrol mengalami kenaikan 3.03, yang bearti kelompok eksperimen mengalami kenaikan yang signifikan dengan perbandingan 6,20. hal ini menunjukkan hasil hipotesis mengunakan hasil uji independent sampel T-test t hitung 7.213 > t tabel 2.008, dengan taraf siginifikan 0,00 < 0,05, disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima, yang bearti terdapat pengaruh rata- rata hasil minat belajar siswa kelompok eksperimen dibandingkan kelompok kontrol. Kata Kunci: Minat Belajar, Blended learning, Layanan Informasi 
Institution Info

Universitas Jambi