DETAIL DOCUMENT
MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS DESKRIPSI DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL DI KELAS VII G SMP NEGERI 22 KOTA JAMBI
Total View This Week0
Institusion
Universitas Jambi
Author
AFRIANI, MEFLIZA
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2020-03-16 04:00:12 
Abstract :
Kata Kunci: meningkatkan, menulis, teks deskripsi, dan pendekatan kontekstual. Penelitian ini bertujuan untuk dapat meningkatkan keterampilan menulis teks deskripsi di kelas VII G SMP Negeri 22 Kota Jambi Tahun Ajaran 2019/2020. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 22 Kota Jambi pada bulan November sampai Desember 2019. Data penelitian ini diperoleh dengan cara menerapkan pendekatan kontekstual diiringi media gambar dalam proses pembelajaran, kemudian dilakukan pengamatan dan pemberian tugas kepada siswa berupa hasil tulisan teks deskripsi (sebagai data utama) dan dokumentasi (sebagai data penunjang). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilaksanakan dua siklus, untuk siklus I dua kali pertemuan dan siklus II dua kali pertemuan. Hasil penelitian yang diperoleh pada siklus I pertemuan 1 dengan rata-rata 66,61 (enam puluh enam koma enam puluh satu) dengan pencapaian persentase KKM sebesar 46,66. Selanjutnya, pada siklus I pertemuan 2 dari hasil tes keterampilan menulis teks deskripsi siswa diperoleh rata-rata 70 (tujuh puluh) dengan pencapaian persentase KKM sebesar 63,33. Pada siklus II pertemuan tiga dari hasil tes keterampilan menulis teks deskripsi siswa di kelas VII G pada siklus II pertemuan 3 dengan rata-rata 74 (tujuh puluh empat) dengan pencapaian persentase KKM sebesar 73,33. Pada siklus II pertemuan 4 diperoleh hasil tes keterampilan menulis teks deskripsi siswa di kelas VII G dengan rata-rata 75,46 (tujuh puluh lima koma empat puluh enam) dengan pencapaian persentase KKM sebesar 86,66 dari indikator pencapaian 75%. Dari hasil ini disimpulkan penelitian berhasil pada siklus II karena sudah mencapai indikator capaian yang diharapkan. Simpulan dari hasil penelitian yang telah dilakukan dalam pembelajaran menulis teks deksripsi di kelas VII G SMP Negeri 22 Kota Jambi dengan menerapkan pendekatan kontekstual diiringi dengan media gambar dengan aspek yang dinilai dan pengamatan selama proses pembelajaran yang berlangsung. Disimpulkan bahwa pendekatan kontekstual dapat meningkatkan keterampilan menulis teks deskripsi siswa kelas VII G SMP Negeri 22 Kota Jambi. 
Institution Info

Universitas Jambi