DETAIL DOCUMENT
PENGARUH METODE CARD SORT TERHADAP KEMAMPUAN KERJASAMA ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK PERTIWI VI JAMBI TIMUR
Total View This Week0
Institusion
Universitas Jambi
Author
NURHASANAH.S, YUNI
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2020-03-16 01:48:43 
Abstract :
ABSTRAK Nurhasanah.S, Yuni. 2019. Pengaruh Metode Card Sort Terhadap Kemampuan Kerjasama Anak Usia 5-6 Tahun di TK Pertiwi VI Jambi Timur: Skripsi, Jurusan Ilmu Pendidikan, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Dr. K.A. Rahman, M.Pd.I dan (II) Drs. Tumewa Pangaribuan, M.Pd. Kata kunci: metode card sort, kemampuan kerjasama Berdasarkan pengamatan awal di TK Pertiwi VI Jambi Timur pada anak usia 5-6 tahun diketahui bahwa dari 15 anak kelas kelompok B hanya ada beberapa anak yang kemampuan kerjasamanya mulai berkembang. Masih banyaknya anak yang kemampuan kerjasamanya belum berkembang ini terlihat saat kegiatan pembelajaran berlangsung seperti masih ada anak yang belum mampu bekerja sama dengan temannya, anak belum mau berbagi dengan temannya, anak belum mau menunggu giliran/mengantri, anak masih suka memilih-milih teman ketika membuat kelompok, dan ada beberapa anak yang belum memperhatikan saat guru berbicara atau memberi instruksi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan metode card sort terhadap kemampuan kerjasama anak usia 5-6 tahun di TK Pertiwi VI Jambi Timur. Melalui kegiatan card sort dapat meningkatkan kemampuan kerjasama anak. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pre-Experimental. Dengan desain penelitian One Group Pretest-Posttest Design dengan menilai sebanyak dua kali yakni sebelum diberi tindakan (Pretest) dan sesudah diberi tindakan (Posstest). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh anak TK Pertiwi VI Jambi Timur. Sampel penelitian yang digunakan adalah anak kelas kelompok B TK Pertiwi VI Jambi Timur yang berjumlah 15. Teknik pengambilan sample pada penelitian ini adalah teknik total sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket (kuesioner). Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik nonparametrik, yaitu Wilcoxon Match Pair Test (Uji jenjang bertanda Wilcoxon), dan untuk mengetahui besar pengaruh penerapan metode card sort terhadap kemampuan kerjasama anak dalam penelitian ini, dapat diketahui dengan menggunakan rumus Cohen?s d effect size. Hasil uji Wilcoxon Match Pair Pairs Test membuktikan bahwa nilai kritis Ztabel dengan tingkat signifikan 5% adalah 1,96, sedangkan nilai Zhitung yang diperoleh 3,407 (Zhitung> Ztabel) Ho ditolak dan Ha diterima. Selanjutnya besar pengaruh yang didapat dengan menggunakan rumus Cohen?s d sebesar 2,22 yang berarti Strong Effect (Kuat). Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa metode card sort berpengaruh kuat terhadap kemampuan kerjasama anak kelompok B TK Pertiwi VI Jambi Timur. 
Institution Info

Universitas Jambi