DETAIL DOCUMENT
STUDI KOMPARASI MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY DAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR EKONOMI KELAS X IPS SMA PGRI 2 KOTA JAMBI
Total View This Week0
Institusion
Universitas Jambi
Author
HARIS, M.
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2020-03-12 01:36:24 
Abstract :
ABSTRAK Muhammad, Haris. RRA1A114036, 2019. Studi Komparasi model pembelajaran inquiry dan model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar ekonomi kelas X IPS SMA PGRI 2 Kota Jambi. Kata Kunci : Inquiry, Discovery Learning, Hasil Belajar. Penelitian ini bertujuan (1) Mengetahui hasil belajar siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran Inquiry pada pokok bahasan lembaga jasa keuangan kelas X IPS SMA PGRI 2 Kota Jambi, (2) Mengetahui hasil belajar siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran discovery learning pada pokok bahasan lembaga jasa keuangan kelas X IPS SMA PGRI 2 Kota Jambi, (3) Mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran Inquiry dan model pembelajaran discovery learning pada pokok bahasan lembaga jasa keuangan kelas X IPS SMA PGRI 2 Kota Jambi. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen semu (Quasi exsperimental) menggunakan desai pretest-posttest nonequivalent control group design. Populasi dari penelitian ini adalah seluru siswa kelas X IPS SMA PGRI 2 Kota Jambi pada tahun ajaran 2017/2018 yang terdiri dari 2 kelas yang berjumlah 50 siswa, dengan jumlah sampel 25 orang pada kelas X IPS 1 dan 25 orang pada kelas X IPS 2. Hasil penelitian menunjukan bahwa berdasarkan hasil dari soal posttest yang dilakukan diperoleh rata-rata hasil belajar kelas eksperimen dengan mean (rata-rata) 79 simpangan baku (S) adalah 183,92, sedangkan untuk data posttest kelas kontrol dengan mean (rata-rata) 69, simpangan baku (S) adalah 101,57. Hasil ini diperkuat dengan hasil analisis uji-t diperoleh nilai thitung= 3,000 dan ttabel= 2,000. Karena thitung> ttabel atau (3,000>2,000) berarti Ha diterima dan Ho ditolak. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif dan perbedaan hasil belajar model pembelajaran inquiry dan model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar siswa pada pokok pembahasan Lembaga Jasa Keuangan kelas X IPS SMA PGRI 2 Kota Jambi. 
Institution Info

Universitas Jambi