DETAIL DOCUMENT
PENGARUH METODE PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING TIPE QUIZ TEAM PADA PELAJARAN PPKn TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 MUARO JAMBI
Total View This Week0
Institusion
Universitas Jambi
Author
ARNI MAULIA, RINDA
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2020-03-16 03:48:22 
Abstract :
ABSTRAK Rinda Arni Maulia. 2019. Pengaruh Pengaruh Metode Pembelajaran Active Learning Tipe Quiz Team Pada Pelajaran PPKn Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Muaro Jambi: Program Studi Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, Jurusan PIPS FKIP Universitas jambi. Pembimbing (1) Drs. M.Salam, M.Si (2) Dona Sariani, S.Pd, M.Pd Kata Kunci: Motivasi Belajar, Metode Pembelajaran Active Learning Tipe Quiz Team Berdasarkan hasil observasi di SMP Negeri 1 Muaro Jambi peneliti menemukan salah satu masalah yang terkait dengan proses pembelajaran PPKn yaitu guru lebih sering menggunakan metode konvensional, sehingga peserta didik kurang tertarik dengan apa yang disampaikan oleh guru, hal ini disebabkan karena metode konvensional kurang berfokus pada peserta didik atau hanya berfokus pada siswa yang bisa menjawab saja dan lebih banyak berfokus pada guru, karena hal tersebut timbulnya motivasi peserta didik yang rendah dalam proses pembelajaran. Untuk mengatasi permasalahan tersebut diperlukan upaya atau strategi untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik yaitu dengan menggunakan Metode Aktif Learning Tipe Quiz Team. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran Actif Learning Tipe Quiz team pada mata pelajaran PPKn terhadap motivasi siswa kela VII Di SMP Negeri 1 Muaro jambi. Penelitian ini merupakan penelitian Eksperiment, dengan menggunakan Quasi Eksperimental Design, yaitu Nonequivalent Control Group Design yang di lakukan kepada dua kelas sampel yang diberi perlakuan yang berbeda, populasi kelas VII yang terdiri dari 6 kelas yang berjumlah 179, sampel yang diambil 2 kelas yaitu kelas VII A sebagai kelas kontrol dan VII D sebagai kelas eksperimen, penelitian ini dilakukan pada bulan Oktober sampai November 2019. Hasil penelitian menunjukan nilai rata-rata kelas eksperimen yaitu 83,16 setelah diberi perlakuan dengan menggunakan metode Aktif Learning Tipe Quiz Team lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol dengan rata-rata 45,66 setelah diberi perlakuan metode Konvensional, dan pada uji-t di peroleh t_hitung lebih besar dari pada t_tabel yaitu 39,64?1,671, hal ini menunjukan bahwa telah terdapat perbedaan yang signifikan terhadap motivasi belajar siswa antara kelas eksperimen dan kontrol yang masing-masing telah diberikan perlakuan. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan kepada guru untuk bervariasi dalam menggunakan metode pembelajaran salah satu nya yaitu menggunakan Metode Active Learning Tipe Quiz Team, dan berdasarkan hasil penelitian kiranya untuk diteliti pada pokok bahasan yang lain dan dalam ruang lingkup yang lebih luas. 
Institution Info

Universitas Jambi