DETAIL DOCUMENT
PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PPKN KELAS XI AKUNTANSI SMK NEGERI 1 KOTA JAMBI
Total View This Week0
Institusion
Universitas Jambi
Author
PERWIRA, JEKI
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2020-04-08 04:16:23 
Abstract :
ABSTRAK Jeki Perwira. 2018. Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PPKn Kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Kota Jambi. (1) Drs. H. Irwan, M.Pd., (2) Dona Sariani, S.Pd, M.Pd. Kata Kunci: Discovery Learning, Hasil Belajar Faktor utama penyebab rendahnya hasil belajar siswa yaitu pemilihan dan penggunaan model oleh guru dikelas saat mengajar. Penggunaan model konvensional dengan metode ceramah, tanya jawab, penghapalan dan penugasan, dengan demikian siswa menjadi pasif dan kurang aktif. Sehingga menyebabkan hasil belajar siswa tergolong masih rendah, sebagian besar nilai Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) siswa masih dibawah kriteria ketuntasan minimum. Salah satu model yang dianjurkan dalam kurikulum 2013 dan dimungkinkan dapat mencapai tujuan PPKn dan meningkatkan hasil belajar siswa adalah model pembelajaran discovery learning. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model discovery learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn di SMK Negeri 1 Kota Jambi. Penelitian ini dilakukan di SMK Negeri 1 Kota Jambi semester ganjil 2018/2019. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif. Bentuk desain quasi ekperimen yang digunakan, yaitu Nonequivalent Control Group Design. Populasinya adalah seluruh kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Kota Jambi, dengan pengambilan sampel menggunakan teknik Simple Random Sampling. Di pilih dua kelas sampel dalam penelitian ini, yaitu kelas XI Akuntansi 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI Akuntansi 5 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes pilihan ganda dengan lima jawaban pilihan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini uji-t dengan rumus t-test separated varian. Hasil penelitian menyatakan bahwa rata-rata nilai hasil belajar siswa pada kelas eksperimen (72.25) lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yang memiliki rata-rata nilai (66.45). Selisih nilai pre-test dan post-tes kelas eksperimen adalah 760 dengan rata-rata (mean) = 24.51 simpangan baku (S) = 5.96 dan varian (S2) = 35.59. Sedangkan selisih nilai pre-test dan post-tes kelas kontrol adalah 585 dengan rata-rata (mean) = 18.87 simpangan baku (S) = 6.79 dan varian (S2) = 46.18. Dari analisis uji-t diperoleh nilai thitung 3.50 > ttabel 1.6706 atau (3.50>1.6706). Karena thitung lebih besar dari ttabel maka dapat disimpulkan terdapat pengaruh penggunaan model discovery learning terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PPKn Kelas XI Akuntansi SMK Negeri 1 Kota Jambi. 
Institution Info

Universitas Jambi