DETAIL DOCUMENT
DESAIN BAHAN AJAR GETARAN GELOMBANG DAN BUNYI BERORIENTASI PEMAHAMAN KONSEP DI SMPN 5 KOTA JAMBI
Total View This Week0
Institusion
Universitas Jambi
Author
KURNIA DEWI, YUYUN
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2020-03-16 03:37:27 
Abstract :
Penelitian ini didasarkan pada hasil observasi yang diketahui bahwa ilustrasi/gambar yang ada pada buku masih dianggap kurang menarik, masih sedikit konsep yang dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari, jumlah percobaan dan soal yang tersedia masih belum merujuk pada konsep, sehingga siswa belum terarahkan untuk memahami konsep dengan benar. Hal ini dikarenakan bahan ajar yang tersedia belum sepenuhnya mempermudah siswa dalam memahami konsep dari materi getaran, gelombang dan bunyi. Penelitian ini bertujuan untuk mendesain bahan ajar getaran, gelombang dan bunyi berorientasi pemahaman kosep dan untuk mengetahui kualitas produk yang dikembangkan. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D dengan tahapan define, design, development, dan disseminate. Namun pada tahap disseminate tidak dilakukan. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII SMPN 5 Kota Jambi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket validasi tim ahli, angket persepsi siswa, dan angket persepsi guru. Hasil validasi ahli materi diperoleh skor rata-rata sebesar 3,74 yang dikategorikan sangat baik. Hasil validasi ahli media diperoleh skor rata-rata sebesar 3,76 yang dikategorikan sangat baik. Hasil dari analisis persepsi guru diperoleh skor 3.88 yang dikategorikan sangat baik. Hasil dari analisis persepsi siswa diperoleh skor rata-rata dari semua indikator sebesar 3,38 yang dikategorikan sangat baik. Berdasarkan hasil yang diperoleh dalam penelitian dapat disimpulkan bahwa bahan ajar getaran, gelombang dan bunyi berorientasi pemahaman konsep memiliki kualitas yang sangat baik. 
Institution Info

Universitas Jambi