DETAIL DOCUMENT
ANALISIS EFISIENSI PEMASARAN KELAPA DALAM (Cocos Nucifera L) DENGAN PENDEKATAN STRUCTURE, CONDUCT, PERFORMANCE (SCP) DI KABUPATEN TANJUNG JABUNG BARAT
Total View This Week0
Institusion
Universitas Jambi
Author
WULAN, ANZAR
Subject
Z665 Library Science. Information Science 
Datestamp
2017-07-05 07:47:04 
Abstract :
Penelitian ini ditujukan untuk mengetahui 1) gambaran saluran pemasaran kelapa dalam, dan 2) efisiensi pemasaran kelapa dalam dilihat dari analisis market structure. market conduct, market performance (SCP). Penelitian dilaksanakan di Kabupaten Tanjung Jabung Barat pada bulan November 2016 sampai Desember 2016. Data dianalisis secara deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif dengan pendekatan structure, conduct, performance (SCP). Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemasaran kelapa butir di Kabupaten Tanjung Jabung Barat terdiri dari lima pola saluran pemasaran yaitu : I) Petani-(PPD)-(PPKec)-(PPKab)-Agen luar provinsi ; II) Petani-(PPD)-(PPKec)-agen luar provinsi ; III) Petani-(PPKec)-(PPKab)-Agen luar provinsi ; IV) Petani-(PPD)-(PPKec)-Agen luar provinsi dalam kabupaten ; V) Petani-(PPKec)-Agen luar provinsi dalam kabupaten. Struktur pasar pada pemasaran kelapa butir di Kabupaten Tanjung Jabung Barat mengarah kepada oligopoli murni. Pada perilaku pasar, lembaga pemasaran yang terlibat memiliki perilaku yang berbeda-beda. Harga ditentukan secara sepihak. Sistem pembayaran kemudian masih terjadi antara petani dengan pedagang pengumpul desa. Kinerja pasar menunjukkan penyebaran margin, farmer?s share, dan rasio keuntungan tidak merata pada masing-masing lembaga pemasaran. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan, saluran pemasaran IV (petani-pedagang pengumpul kecil (PPK)-pengecer-konsumen) merupakan alternatif saluran pemasaran yang efisien yang dapat dipilih oleh petani. Kata kunci: Efisiensi pemasaran, saluran pemasaran, SCP (structure, conduct, performance) 
Institution Info

Universitas Jambi