DETAIL DOCUMENT
PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS OPEN ENDED UNTUK MENDUKUNG KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS SISWA SMA KELAS X PADA MATERI SPLTV
Total View This Week0
Institusion
Universitas Jambi
Author
PULUNGAN, YULIANA SALMA
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2020-03-17 04:03:25 
Abstract :
Pulungan, Yuliana Salma. 2020. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD)Berbasis Open-ended Untuk Mendukung Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMA Kelas X Pada Materi SPLTV: Skripsi, Jurusan Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, FKIP Universitas Jambi, Pembimbing: (I) Drs. Wardi Syafmen, M.Si., (II) Sri Winarni, S.Pd., M.Pd., Kata Kunci : LKPD, Open-ended, Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis, SPLTV Latar belakang dilakukan penelitian ini adalah rendahnya kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik sehingga diperlukan suatu perbaikan mutu pembelajaran, salah satunya adalah dengan mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD). Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan sebuah produk berupa LKPD berbasis Open-ended Untuk Mendukung Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa SMA Kelas X pada materi SPLTV dan untuk mengetahui kelayakan LKPD. Penelitian pengembangan (Research & Development) ini menggunakan model pengembangan 4-D (four-D model) menurut Thiagarajan (1974) yang terdiri dari tahap define (Pendefinisian), design (Perancangan), develop (Pengembangan) dan disseminate (Penyebaran). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi LKPD (ahli materi dan desain), lembar praktikalitas LKPD (Angket respon pendidik dan peserta didik), dan lembar efektivitas LKPD (Lembar observasi aktivitas peserta didik, tes kemampuan berpikir kreatif, dan angket respon peserta didik). Lembar kerja peserta didik tersebut divalidasi terlebih dahulu oleh para ahli. Validasi dilakukan oleh satu ahli materi dan satu ahli desain. Selanjutnya dilakukan uji coba produk. Uji coba terbatas dilakukan di kelas X MIPA 1 SMA Negeri 4 Kota Jambi tahun ajaran 2019/2020 yang berjumlah 36 orang peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD layak untuk digunakan bagi guru dan peserta didik. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil validasi ahli materi dan desain masing-masing adalah 77,3 % dan 80 % dengan kategori ?valid?. Penilaian guru matematika terhadap LKPD yang dikembangkan masing-masing memperoleh persentase 94 % dengan kategori ?sangat praktis? dan respon peserta didik memperoleh rata-rata nilai 91,98 % dengan kategori ?sangat praktis? serta hasil lembar observasi aktivitas peserta didik memperoleh nilai 100 % dengan kategori ?efektif? dan tes kemampuan berpikir kreatif matematis peserta didik memperoleh 80,5 % dengan kategori ?efektif?. Berdasarkan hasil tersebut, dapat dikatakan LKPD yang dikembangkan valid, praktis dan efektif. 
Institution Info

Universitas Jambi