DETAIL DOCUMENT
ENGEMBANGAN BAHAN AJAR KEMAGNETAN BERORIENTASI CONCEPTUAL UNDERSTANDING UNTUK SISWA KELAS IX SMP
Total View This Week0
Institusion
Universitas Jambi
Author
WENY, FHEBY
Subject
L Education (General) 
Datestamp
2020-03-17 06:47:39 
Abstract :
Bahan ajar merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi pemahaman konsep siswa. Salah satu tujuan siswa mempelajari IPA adalah untuk mengembangkan pemahaman konsep sehingga dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu inovasi yang dapat dilakukan yaitu memperbaiki sistem pembelajaran IPA yakni pada bahan ajar yang digunakan. Sehingga penulis mengembangkan suatu produk berupa bahan ajar materi kemagnetan yang berorientasi pemahaman konsep (conceptual understanding). Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar IPA berorientasi conseptual understanding dan mengetahui kualitas produk bahan ajar IPA berorientasi conceptual understanding pada materi kemagnetan. Penelitian ini menggunakan model pengembangan 4D dengan tahapan define, design, development, dan desimination. Namun pada tahap desemination tidak dilakukan. Subjek penelitian adalah siswa kelas IX F SMPN 16 Kota Jambi. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket validasi ahli media, angket validasi materi, angket persepsi guru dan angket persepsi siswa. Hasil validasi ahli materi diperoleh skor rata-rata sebesar 86,60%. yang dikategorikan sangat valid. Hasil validasi ahli media diperoleh skor rata-rata sebesar 85,22%. yang dikategorikan sangat valid. Hasil dari analisis persepsi guru diperoleh skor rata-rata dari semua indikator sebesar 77,6% yang dikategorikan Baik. Hasil dari analisis persepsi siswa diperoleh skor rata-rata dari semua indikator sebesar 88% yang dikategorikan sangat baik. Berdasarkan hasil yang diperoleh dalam penelitian dapat disimpulkan bahwa bahan ajar IPA berorientasi conceptual understanding layak digunakan sebagai media penunjang pembelajaran. 
Institution Info

Universitas Jambi